Sering Dilupakan, Ini Skill Yang Harus Dimiliki Ibu Rumah Tangga


271 view
Internet
Ilustrasi
Memutuskan menikah dan menjadi ibu rumah tangga, tentu boleh-boleh saja. Namun, menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kehidupan Anda hanya berkisar seputar rumah, suami, dan keluarga saja. Meski jadi istri idaman, jangan lupakan perkembangan diri sendiri ya! Meski sering dilupakan, ada beberapa skill lain yang harus dimiliki ibu rumah tangga. Ada apa saja?

Kemampuan Mengelola Keuangan
Seringkali, ibu rumah tangga jadi pengelola keuangan keluarga. Maka, harus juga paham cara terbaik mengatur cashflow, tentang uang masuk dan uang keluar, agar semua kebutuhan tercukupi juga tentang menabung. Tidak jadi ibu rumah tangga pun, kemampuan mengelola cashflow adalah hal penting yang harus dimiliki semua perempuan.

Belajar Investasi
Untuk pensiun, demi pendidikan anak, untuk beli rumah, atau untuk mencapai berbagai tujuan keuangan keluarga lainnya, tentu menabung saja tidak cukup. Jangan ragu dan malu belajar soal investasi, agar Anda bisa juga memberi input dan berdiskusi dengan suami soal pengelolan dan cara mencapai tujuan keuangan keluarga.

Pengetahuan Tentang Bidang Pekerjaan Suami
Tidak ada salahnya Anda juga paham tentang bidang dan pekerjaan suami, mengapa tidak? Apakah ia menajdi wirausahawan atau menjadi karyawan, Anda juga perlu up to date dan mengerti tentang pekerjaannya. Supaya bisa jadi tempat cerita dan diskusi suami, mengapa tidak? Anda jadi punya bahan obrolan saat menghabiskan waktu berkualitas bersama suami.

Update Skill Diri Sendiri
Anda perlu juga meluangkan waktu untuk meng-update skill diri sendiri. Apa yang Anda sukai, apa yang jadi passion, atau hobi Anda? Misalnya, tertarik soal saham, jangan ragu ikut webinar dan komunitas untuk menambah skill. Bisa juga belajar Bahasa asing lewat aplikasi, atau kursus yoga/masak/merangkai bunga bila Anda tertarik. Jangan pernah berhenti belajar meski sudah jadi ibu rumah tangga ya, meskipun hanya lewat video YouTube! Selain agar tidak bosan, belajar hal baru juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Selalu Tahu Berita dan Perkembangan Umum
Tidak perlu sampai jadi ahli dan paham semua berita soal politik, ekonomi dan sosial, tetapi Anda tetap perlu tahu perkembangan apa saja di luar sana, agar tidak jadi kudet alias kurang update. Bila sudah punya anak, jangan lupa juga selalu update soal pendidikan dan tren media sosial di luar sana ya.

Merawat Diri sendiri
Bukan demi suami atau demi anak, tetapi merawat diri demi diri sendiri. Jaga kesehatan dengan diet seimbang dan olahraga, merawat kulit wajah dan rambut dengan skincare yang tepat, boleh juga dandan untuk tampil cantik bagi diri sendiri. Nggak ada salahnya, kan? Saat Anda sehat, tampil segar dan cantik, mood pun pasti lebih baik. (Womentalk/d)