Digelar Mulai Hari Ini

Kepala Sekolah dan Guru Harus Mengatur Langsung Kegiatan PLS SMA dan SMK


298 view
Medan (SIB)- Kepala sekolah dan guru di masing-masing sekolah harus mengatur langsung kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) atau masa orientasi siswa (MOS) tingkat SMA dan SMK sederajat di Sumut yang digelar secara serentak mulai hari ini, Senin (17/7).

Demikian dikatakan Kadisdik Sumut Dr Drs Arsyad Lubis MM kepada SIB di Medan, Sabtu (15/7) terkait program pengenalan lingkungan sekolah SMA dan SMKdi daerah ini.

Menurutnya,  kegiatan pengenalan lingkungan sekolah terhadap siswa baru jangan diserahkan kepada senior  sebaiknya dikoordinir langsung kepala sekolah dan guru guna menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

"Dikatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melarang diadakannya perpeloncoan dan sejenisnya pada saat masa orientasi siswa untuk menghindari tindak kekerasan yang kerap terjadi akibat perpeloncoan tersebut.

"Segala bentuk perpeloncoan tidak lagi dibenarkan, mengingat pada beberapa tahun terakhir banyak penyimpangan dan rawan tindak kekerasan saat berlangsungnya program perpeloncoan oleh panitia pelaksana berasal dari para siswa senior," tegasnya.

Diharapkan setiap sekolah mewaspadai dan mengantisipasi kekerasan pada siswa atau peserta didik baru dan semua prosedur jangan sampai ada tindak kekerasan di sekolah dalam skala sekecil apapun. Setiap kegiatan ekstrakurikuler harus dilakukan di dalam area sekolah dan seluruh siswa mengikuti kegiatan dimaksud diwajibkan mendapat izin dari orangtuanya.

"Seluruh kegiatan ekstrakurikuler harus dilakukan di dalam sekolah dan bila ada kegiatan ekstrakurikuler  dan sejenisnya di luar sekolah harus seizin orangtua di bawah pengawasan guru  sehingga tidak terjadi tindak kekerasan terhadap siswa baru," ujarnya mengakhiri.

Daftar Ulang
Terpisah Kadisdik Kota Medan Drs H Hasan Basri MM mengatakan, pendaftaran ulang siswa diterima pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat SMPN di Kota Medan dilaksanakan mulai 15 Juli 2017 dan berakhir Senin (17/7). 

Katanya, masa orientasi siswa (MOS) atau pengenalan lingkungan sekolah akan digelar 18 Juli 2017 dan belajar efektif tingkat SMP sederajat di Kota Medan secara serentak dimulai 19 Juli 2017. (A 06/l)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com