Pengumuman SNMPTN 2020 Ditunda Jadi 8 April


657 view
bontangpost.id
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan disampaikan pada 8 April 2020.
Dikutip dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pengumuman SNMPTN 2020 awalnya dijadwalkan pada 4 April, tetapi ditunda ke 8 April 2020 lantaran berdasarkan beberapa pertimbangan.

Pertama, pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP kuliah dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020. Kedua, Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN bagi siswa yang baru sampai tahap memilih prodi dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020.
Ketiga, pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible yang mengajukan KIP Kuliah dan belum pernah mendaftar dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020.

"Sehubungan dengan kegiatan di atas pengumuman SNMPTN yang semula dijadwalkan pada tanggal 4 April 2020 diundur pada tanggal 8 April 2020," tulis LTMPT.

Tak hanya Pengumuman SNMPTN 2020 yang diundur, berdasarkan data LTMPT, pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ditunda akibat wabah virus corona jenis baru, Covid-19 di Indonesia.

Pendaftaran UTBK yang rencananya akan dilakukan pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK akan dilakukan mulai 20 April 2020, ditunda.

"Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK akan diumumkan lebih lanjut," kata Ketua Tim Pelaksanaan LTMPT, Mohammad Nasih.
Pendaftaran KIP-Kuliah Jalur SNMPTN
Kemendikbud membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk tetap melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengajukan permohonan KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah dibuka pada tanggal 2 hingga 31 Maret 2020 hingga pukul 23.59 WIB melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Semula, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 23.50 WIB, tetapi diperpanjang hingga 31 Maret 2020.
Mohammad Nasih, menjelaskan, bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang sama sekali belum memiliki KIP tetap dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga pengisian program studi dan pilihan universitas.

"Namun, diharapkan tidak melakukan finalisasi terlebih dulu sebelum mendaftar pada laman KIP Kuliah," kata Nasih.
Cara Daftar KIP Kuliah 2020
1.Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau lewat KIP Kuliah mobile apps (segera tersedia di play store).
2.Saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
3.Sistem KIP Kuliah lalu akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan pendaftar mendapatkan KIP Kuliah.
4.Jika proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
5.Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi SNMPTN.
6.Lalu, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
7.Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah. (Tirto/d)
Penulis
: redaksisib