2020, Disney dan Marvel Terobsesi Dominasi 'One Billion Dollar Club Movie'


275 view
Youtube
Ilustrasi : Logo Marvel
Los Angeles (SIB)
Masuk ke 2020, dua studio raksasa terobsesi mendominasi daftar memroduksi film dengan penghasilan di atas satu miliar dolar AS. Di 2019, Disney dan Marvel melahirkan film yang masuk dalam 'One Billion Dollar Club Movie'.

Sepanjang sejarah, hingga menutup 2019, tidak sampai 50 film yang masuk dalam kelompok penghasil semiliar dolar AS. Di penghujung tahun lampau, 'Star Wars: The Rise of Skywalker' menutup catatan tersebut. Artinya, film produksi Disney tersebut menambah dominasi pencapaian box office global.

Di 2020, ada sejumlah film blockbuster. Mulai dari 'James Bond: No Time to Die' yang langganan box office tapi belum masuk dalam kelompok penghasil 1 miliar dolar AS. Universal mengandalkan 'Fast & Furious 9'. Dari khazanah film horor, 'Tenet' besutan Christopher Nolan diunggulkan, disusul 'Godzilla vs Kong' dan horor science-fiction 'Dune'.

Menilik triler yang dipublikasi, film tersebut diprediksi laris tapi masih harus berjuang keras agar masuk 'One Billion Dollar Club Movie'. Di 2019, 'Frozen 2' meraup pendapatan di atas 1 miliar dolar AS.

Dirintis 'Captain Marvel' yang berkontribusi maksimal hingga terakumulasi 1,12 miliar dolar AS.

Analis pasar melaporkan, Disney jago mengatur waktu dan menjaga emosi publik. Dua bulan sebelum 'Avengers: Endgame' dirilis, 'Captain Marvel. menghasilkan pendapatan sebagai awal yang indah buat Disney.

'Avengers: Endgame' yang dipublikasi April menyedot 2,79 miliar dolar AS. Selain berhasil komersial, film pun masuk dalam kategori Oscar untuk hal teknis. Disusul 'Aladdin' dengan pendapatan sedikit di atas 1 miliar dolar AS.

Meski semula dianggap sebelah mata namun efek visual yang istimewa memosisikan 'Aladdin' dalam kelompok tersebut. Yang mencengangkan, pencapaian 'Toy Story 4' yang berhasil mengumpul 1,073 miliar dolar AS.

Meski tidak seberhasil film terdahulu di Oscar namun film tersebut menjadi perbincangan ditambah pencapaian 'The Lion King' yang berhasil mengumpulkan 1,33 miliar dolar AS.

Marvel pun mencetak catatan penting. 'Spider-Man: Far From Home' berhasil mengumpulkan pendapatan 1,075 miliar dolar AS. Disusul 'Captain Marvel' yang menghadirkan superhero wanita pertama dan meraup pendapatan hingga 1,128 miliar dolar AS. Prestasi itu disambung pendapatan 'Captain America: Civil War' dengan 1,153 miliar dolar AS.

Yang mencengangkan adalah 'Iron Man 3' yang mengukuhkan Robert Donwey Jr sebagai aktor dengan bayaran tertinggi. Film yang dibintanginya tesebut meraup 1,214 miliar dolar AS. Prestasi di atasnya diukur 'Black Panther' dengan pendapatan 1,34 miliar dolar AS.

'Avangers: Age of Ultron' melanjutkan pencapaian rumah produksi yang dilukiskan pernah kesulitan keuangan tersebut. (T/R9/f)
Penulis
: redaksi