Pandemi Ajarkan Pupuk Kepedulian Sosial


198 view
Foto: SIB/OkiLenore
Pakaikan Masker : Ketua IDUI SU dr Rudi Sambas dan Pimpinan Mudigo Maju Berjaya Arnold Budiman Hutasoit memakaikan masker pada warga Medan, Sabtu (3/10) sebagai bagian kepedulian sosial dan edukasi di masa pandemi Covid-19. 
Medan (SIB)
Ketua Ikatan Dokter Umum Indonesia (IDUI) Sumatera Utara dr Rudi Sambas mengatakan, pandemi Covid-19 mengajarkan individu memupuk kepedulian sosial. Caranya, semuanya mengindahkan protokol kesehatan (prokes) karena dengan cara itu melindungi diri sendiri dan sesama.

Penegasan tersebut tatkala bersama puluhan dokter membagi masker gratis pada publik di Medan, Sabtu (4/10). Pembagian masker difasilitasi aplikasi online Mudigo - MudiMed tersebut untuk mengedukasi warga untuk peduli kesehatan. “Pandemi membuat orang khawatir ke rumah sakit. Itu dimaklumi tapi harus tetap ke dokter. Caranya memanggil dokter ke rumah melalui aplikasi MudiMed,” tambah pria yang viral di YouTube sebagai dokter pertama yang bersedia menjadi relawan merawat pasien terpapar Covid-19 tersebut.

Menurutnya, dengan edukasi prokes bahkan berbagi masker, pribadi yang menerima kebaikan otomatis mengingat jasa baik orang lain dan bahkan akan berbuat serupa pada orang lain. “Alangkah baik jika dilakukan pada anak-anak. Memorinya akan merekam kebaian dan pasti melakukan hal serupa,” ujar Rudi Sambas.

Pimpinan PT Mudigo Maju Berjaya yang menaungi Mudigo Aplikasi Online Arnold Budiman Hutasoit mengatakan, saat wabah virus corona semua individu dituntut peduli. Cara itu, lanjutnya, bukan untuk mendapat pahala tapi demi kebaikan diri sendiri.
“Mengedukasi dan memberi masker secara gratis, kan berarti ikut membantu menekan angka penularan Covid-19. Muara semuanya kan untuk warga seluruhnya,” ujar tokoh pendidikan dan pembidan lahirnya partai politik di SU tersebut.

Menurutnya, MudiMed adalah satu dari 11 jenis layanan Mudigo. yang lainnya adalah MudiJek, MudiCar, MudiBetor, MudiFood, MudiCourier, MudiMart, MudiMassage, MudiBeauty, MudiBabySpa dan MudiClean. “Prokes Covid-19 adalah physical distancing.

Ketika butuh dokter maka gunakan MudiMed untuk memanggil dokter ke rumah,” jelasnya didampingi koordinator pelayanan aplikasi online Mudigo-MudiMed dr Yenni Simbolon, dr Putri Dwi Suci dan dr Cut Elmi Harmiyanur MKes. (R10/f)