Bikin Salut, Seorang Wanita Viral Karena Bangun Rumah dengan Tangannya Sendiri


156 view
Wolipop
Facebook Zama Philisiwe Zungu. 
Seorang insinyur muda bisa jadi inspirasi bagi sesama wanita yang berkecimpung di bidang kerja dominan pria. Wanita bermama Zama Philisiwe Zungu tersebut bisa membuktikan ia tak hanya bisa merancang tapi bahkan membangun rumahnya sendiri. Wanita asal Afrika Selatan itu pun jadi viral di media sosial karena benar-benar mengerjakan konstruksi rumahnya tanpa banyak bantuan orang lain.

Zama Philisiwe Zungu dari Pietermaritzburg patut memotivasi baik pria dan wanita semua dapat dilakukan asal ada keinginan dan kemampuan. Wanita 26 tahun tersebut bisa dibilang sukses membangun rumah sendiri, bukan hanya dari segi materi tapi juga pengerjaan. Dalam berbagai postingan fotonya yang jadi viral, Zama terlihat mengukur, menyiapkan semen, hingga memasang bata untuk tempat tinggal sederhananya itu.

Sebelumnya, foto-foto wanita muda itu viral tanpa diketahui siapa wanita yang sedang membangun rumah tersebut. Setelah diselidiki situs Briefly, terungkap jika wanita yang membangun rumah itu adalah Zama yang seorang insinyur sipil. Dikatakan jika tertarik dengan bidang yang tak populer bagi wanita tersebut karena terinspirasi ayahnya. Zama mewarisi minat ayahnya yang seorang tukang bangunan lalu memutuskan jadi insinyur di 2014.

Meski terlihat sudah ahli, Zama ternyata belum pernah bekerja di situs konstruksi sebelumnya. Tapi ia sudah melewati ujian praktek saat kuliah sehingga merasa percaya diri untuk bisa membangun rumahnya sendiri.

"Ini adalah apa yang aku kuasai. Merenovasi rumah sangat menyenangkan dan membuat penasaran dalam waktu yang sama, praktek lebih menyenangkan dari teori," katanya.

Sudah bisa membangun rumah, Zama punya cita-cita yang lebih besar yakni mendirikan perusahaan konstruksinya sendiri. Bukan hanya sekadar ingin sukses atau kaya, ia juga mau memberdayakan lebih banyak wanita lain untuk terjun di industri teknik.

"Selalu melakukan yang terbaik dalam apapun yang kamu lakukan, jangan pernah merendahkan kemampuan dalam mencurahkan hatimu pada apa yang yang kamu lakukan. Selalu mencari cara untuk meningkatkan diri dan memberdayakan dirimu sendiri," saran Zama kepada sesama wanita. (Wolipop/f)