CEO Apple: Teknologi Tak Berharga Tanpa Nilai Kemanusiaan


453 view
Ilmu pengetahuan tak berharga jika tidak dimotivasi oleh nilai dasar kemanusiaan dan keinginan untuk membantu orang. Begitulah kutipan CEO Apple, Tim Cook yang mengatakan kalimat tersebut kepada lulusan Massachusetts Institute of Technology, yang memotivasi mereka menggunakan kekuatan mereka untuk kebaikan.

Dalam pembukaannya, Cook mengatakan bahwa Apple terus menerus mencari cara untuk menggabungkan teknologi dengan rasa kemanusiaan dan kasih sayang.

"Apapun yang Anda lakukan dalam hidup Anda, dan apapun yang kami lakukan di Apple, kami harus menanamkannya dimana kami dilahirkan," kata Cook.

"Tanggungjawab itu sangat besar, tapi begitu juga peluangnya," ujarnya.

Cook mengatakan, Apple ingin membuat produk yang bisa membantu orang. Sebagai contoh ia mengutip teknologi iPhone yang bisa membantu atlet tuna netra melakukan marathon, dan iPad yang menghubungkan anak autis dengan dunia sekitarnya.

Menurut CEO Apple ini, dirinya tak khawatir dengan kecerdasan buatan yang memberikan kemampuan kepada komputer, berfikir seperti halnya manusia.

 "Saya lebih prihatin pada orang yang berpikir seperti komputer tanpa nilai atau belas kasihan atau kepedulian terhadap konsekuensinya," katanya.

"Itulah yang kami butuhkan untuk membantu kami waspada. Karena jika sains adalah pencarian di kegelapan, maka humaniora adalah lilin yang menunjukkan tempat kita berada dan bahaya yang ada di depan," imbuh Cook.

Pria yang menjabat CEO Apple sejak 2011 ini juga mendorong para lulusan untuk tak bersikap sinis.

"Internet memberikan kemungkinan dan memberdayakan begitu banyak, tapi juga bisa menjadi tempat dimana aturan dasar kesopanan ditangguhkan dan kepicikan serta hal negatif berkembang," ujarnya.

"Jangan biarkan suara itu membuat Anda tertekan. Jangan terjebak dalam aspek kehidupan yang sepele. Jangan mendengarkan troll, dan jangan menjadi satu.
Ukur dampaknya pada kemanusiaan, bukan pada orang seperti itu, tapi kehidupan yang terhubung dengan Anda dan orang-orang yang Anda layani," kata Cook. (Okz/f)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com