Fakta-fakta Tentang Media Sosial yang Jarang Anda Ketahui


1.439 view
Di era yang modern seperti sekarang, pastinya Anda memiliki beberapa aplikasi media sosial untuk menunjang kegiatan menjadi lebih mudah lagi. Seperti dilansir dari How Its Works Daily, Kamis (9/8) terdapat beberapa informasi yang dapat menambah pengetahuan Anda mengenai media sosial:

Apakah Media Sosial Membuat Kita Punya Banyak Teman?

Kebanyakan orang memiliki akun sosial media lebih dari satu sebagai sumber informasi mengenai kejadian sekitar dan menghabiskan beberapa waktu untuk sekedar memeriksanya setiap hari.

Kegiatan tersebut dikatakan sebagai cara untuk memperkuat koneksi dengan orang lain. Namun, hal tersebut seringkali membuat kita terlalu berfokus dan melupakan lingkungan sekitar.

Menurut Antropolog evolusi Robin Dunbar, seseorang dapat mempertahankan 150 pertemanan pada satu waktu di media sosial. Ini dikenal sebagai Nomor Dunbar dan didasarkan pada kelompok sosial yang dikembangkan untuk hidup yang sebagian besar tercatat dalam Buku Domesday.

Diluar itu, Anda cenderung tidak dapat mempertahankan hubungan yang bermakna, karena tidak memiliki kekuatan pemrosesan otak yang cukup atau waktu yang cukup untuk mempertahankan koneksi. Dikatakan bahwa pertemanan di media sosial yang terhitung banyak tidak menjamin Anda akan terkoneksi langsung di dunia nyata.

Cara Kerja Filter Snapchat
Bagi sebagian orang, selfie adalah hal yang paling sering dilakukan untuk mengabadikan potret diri dengan berbagai gaya. Serta berbagai filter di aplikasi yang tersedia di Playstore dan Appstore pun seringkali menjadi andalan foto sebelum di posting ke media sosial.

Namun, tahukah Anda, jika ternyata filter selfie didasarkan pada algoritme Viola Jones yang menemukan wajah dengan memindai gambar di area gelap dan terang. Para pengembang aplikasi filter wajah membuat peta letak wajah utama seperti dibagian mata, dan bibir.

Lalu setelahnya, dalam aplikasi tersebut muncul titik-titik yang kemudian disambung untuk membuat model 3D di sebuah wajah. Dalam aplikasi snapchat, titik tersebut terletak di atas wajah Anda yang nantinya akan mengubah menjadi bertekstur sesuai filter yang di pilih. 

Pada zaman yang serba cepat seperti sekarang, sangatlah mungkin untuk menjadikan suatu hal tersebar dan dikenal oleh banyak orang. Tak terkecuali Meme, yang merupakan plesetan dari gambar yang mewakili sikap seseorang. Meme sering digunakan untuk berbalas pesan dengan teman. Tidak jarang juga Meme menjadi alat kritik tersendiri bagi politik dan pemerintahan. Kata Meme ditemukan oleh ilmuan Richard Dawkins pada tahun 1976 untuk menjelaskan bagaimana ide-ide menyebar dari orang ke orang, mereplikasi dan bermutasi seperti gen.

Cara Kerja Enkripsi end to end di WhatsApp
Sejak 2016, setiap pesan yang Anda kirim menggunakan WhatsApp telah dienkripsi end-to-end. Ini berarti hanya dapat dibaca oleh Anda dan penerima. Ini didasarkan pada sesuatu yang disebut Signal Protocol. Ketika Anda memulai obrolan, WhatsApp membuka sisi enkripsi dan kemudian menghitung sesuatu yang disebut dengan rahasia utama, yang menggunakan kunci yang unik untuk hal berkirim pesan.

Bagaimana Keamanan Data di Cloud?
Cloud merupakan tempat penyimpanan yang terhitung aman untuk foto, video maupun file. Namun, Cloud sebenarnya merupakan eufemisme untuk mengumpulkan server raksasa yang menyimpan berbagai file Anda di hard drive.

Ketika Anda mengunggah data Anda ke Cloud, itu disimpan ke komputer dan siap untuk Anda unduh lagi ketika Anda membutuhkannya.

Bagian pertama dari keamanan Cloud adalah penyedia perlu memastikan bahwa infrastruktur mereka aman baik secara digital maupun fisik.

Untuk melakukan ini mereka mengenkripsi data penting, mempekerjakan personel keamanan untuk melindungi server mereka, dan mengembangkan sistem keamanan digital yang menghalangi, mendeteksi dan melawan setiap upaya untuk mengakses file pribadi.

Jika orang ingin data Anda, mereka akan menggunakannya melalui rute termudah, dan ini biasanya bukan dengan mengambil raksasa teknologi jauh lebih mudah untuk mendapatkan akses ke kata sandi Anda. Cara termudah untuk mengamankan data Anda adalah dengan membuat kode Anda lebih kuat, sering mengubahnya, dan jaga diri Anda dari penipuan phishing. (Okz/d)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com