Google Berupaya Kekang Ekstremisme Online


501 view
Google berada di bawah tekanan untuk membasmi kehadiran ekstremis online. Oleh sebab itu, raksasa internet itu menggariskan empat langkah untuk menangani itu.

Google menggariskan empat langkah yang diambil untuk menandai dan menghapus konten pro-terorisme di halamannya, terutama di Youtube. Perbaikan
teknologi juga berperan dalam hal ini, namun perusahaan turut mengandalkan elemen manusia yang akan menangkap filter otomatisnya sendiri.

Dilaporkan Engadget, Senin (19/6) sebagai permulaan, Google menuangkan banyak usahanya ke dalam penelitian machine learning yang bisa meningkatkan kemampuannya untuk otomatis menandai dan menghapus video teroris. Tak hanya itu, ia juga memperluas sistem counter-radicalization, yang menunjukkan iklan anti-ekstremis kepada calon perekrut teroris.

Di samping itu, Google berencana meningkatkan jumlah manusia dalam program Trusted Flagger Youtube, meningkatkan kemungkinan bahwa ia akan menangkap materi teroris.

Selain itu, Google juga bekerja dengan kelompok anti-ekstremisme untuk menentukan konten yang berorientasi untuk merekrut. Tak hanya Google, usaha melawan terorisme ini juga dilakukan oleh Facebook, Twitter, dan perusahaan lainnya. (Okz/c)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com