Google Kunci Ponsel Tak Bersertifikat dari Google Message


169 view
(slashgear.com)
ilustrasi Google
Google semakin membatasi perangkat Android "tidak bersertifikat". Kali ini Google akan menyetop penggunaan Google Messenger atau aplikasi perpesanan pada ponsel Android yang tidak bersertifikat pada 31 Maret 2021.

Melansir 9to5google Jumat (21/1), perangkat tidak bersertifikat yang dimaksud adalah ponsel yang tidak melalui proses sertifikasi Google sebelum dirilis. Google hanya mengizinkan untuk perangkat bersertifikat dengan rangkaian aplikasi Google yang telah terpasang sebelumnya seperti layanan Google Play.

Aplikasi Google kerap dipasang secara manual pada perangkat Android yang tidak bersertifikat. Namun sejak dua tahun lalu, Google mulai mencegah perangkat yang tidak bersertifikat untuk masuk ke akun Google.

Secara umum, Google Message tidak relevan dengan perangkat yang tidak bersertifikat, karena aplikasi itu tidak diinstal sebelumnya pada sebagian besar perangkat dan harus diinstal melalui Google Play Store.

Singkatnya, ponsel yang memiliki Android non sertifikat akan kehilangan akses Google Message. Meskipun Android yang tidak bersertifikat umumnya jarang ditemukan oleh kebanyakan orang, ada beberapa contoh penting, seperti yang lebih baru perangkat dari Huawei.

Salah satu alasan pada perubahan itu adalah penambahan enkripsi end-to-end yang baru-baru ini diterapkan oleh Google Massage.
Androidpolice memberitakan, penutupan akses juga berlaku pada ponsel yang tidak memiliki kerja sama dengan Google, yaitu perangkat Huawei dan beberapa perangkat asal China lainnya.

Google pernah menegaskan bahwa pemilik perangkat Huawei tidak boleh melakukan sideload Layanan Google Play ke ponsel mereka, sebab disebut belum diverifikasi keamanannya. Oleh karena itu, pesan terenkripsi pada perangkat tersebut berpotensi disusupi.

Jika Google berhasil melakukan perubahan, pengguna smartphone yang tidak bersertifikat harus segera mencari solusi lain untuk berkomunikasi. Signal bisa menjadi pilihan yang baik yang mendukung pengiriman dan penerimaan pesan singkat, serta fitur pendukung lainnya. (CNNI/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com