Jaringan 5G Belum Bisa Dipakai di Asian Games 2018


431 view
Wacana pemakaian 5G diragukan akan hadir di Asian Games 2018. Persiapan teknologi jaringan 5G diperkirakan akan hadir lebih lama dari yang diperkirakan.

President Director Ericsson untuk wilayah Asia Tenggara dan Oseania Thomas Joel mengatakan pihaknya ragu akan penerapan 5G di Asian Games. Ia menyebut pihaknya sebagai penyedia teknologi jaringan akan lebih memilih fokus di 4,5G.

"Masih terlalu dini membicarakan 5G akan hadir di 2018 besok. Saya rasa di saat itu belum akan ada handset atau perangkat lain yang mendukungnya," ungkap Thomas saat menghadiri uji coba 5G Ericsson di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin.

Padahal sebelumnya pemerintah sempat mewacanakan akan menerapkan jaringan 5G di Indonesia saat menggelar Asian Games di Jakarta dan Palembang nanti.

"Untuk Asian Games itu masih terlalu cepat, dan saya rasa Menkominfo juga mengerti bahwa kita akan fokus di 4,5G terlebih dahulu," lanjut Thomas.

Pernyataan Thomas ini diamini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ketika ditemui di tempat yang sama. Kendati Rudiantara masih berharap teknologi 5G bisa diimplementasikan pada gelaran Asian Games nanti, ia menyebut bisa atau tidaknya memang bergantung kepada penyedia teknologi seperti Ericsson.

Chief RA, biasa ia disebut, menyebut untuk ranah komersial 5G memang tak akan mungkin terselenggara saat Asian Games 2018. Namun untuk sekadar uji coba, ia mempersilakan penyedia jaringan 5G untuk memperkenalkan teknologinya.

"Toh frekuensinya bisa dikasih pinjam," timpal Rudiantara.

Kendati demikian, Rudiantara memastikan pemerintah setidaknya akan menerapkan 4,5G beroperasi penuh di saat Asian Games berlangsung nanti. Salah satu kiat Rudiantara menggenjot kecepatan 4,5G adalah dengan melelang frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz.

Terkait tumbuhnya teknologi perintis 5G seperti yang ditunjukkan Ericsson,  pemerintah berniat menyiapkan frekuensi tersendiri untuk teknologi 5G di masa depan. (CNN/f)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com