Kecanggihan Prosesor Bakal Salip Hegemoni Apple


336 view
Perusahaan teknologi asal China acap kali menyasar pengguna kalangan menengah ke bawah. Lain halnya dengan vendor China lain, Huawei menyasar kalangan menengah ke atas. Perusahaan ini juga merupakan produsen ketiga di dunia terbanyak dalam mengapalkan perangkatnya.

Tak tanggung-tanggung, Huawei berambisi untuk menyaingi raksasa teknologi Apple. Namun rupanya, ambisi tersebut perlahan menuai hasil baik. Perusahaan riset IDC memprediksikan bahwa merek Huawei akan menyalip Apple dalam pangsa pasar global baik di tahun ini maupun tahun berikutnya.

Ini bukanlah laporan pertama yang memprediksi pertumbuhan Huawei secara global. Sebuah laporan dari rantai pasokan di Taiwan sebelumnya menyebutkan bahwa Huawei akan menggeser Apple sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia dalam hal jumlah pendistribusian.

Kesenjangan antara Huawei dan Apple telah dipersempit dengan kinerja Huawei pada kuartal kedua 2017. Perusahaan asal China itu menurut IDC, mencatat total pengiriman 38,5 juta unit yang merupakan pangsa pasar 11,3 % untuk pengiriman global.

Sementara itu pada waktu yang sama, Apple dilaporkan telah mencatatkan 41 juta unit untuk kuartal yang sama, hanya selisih 2,5 juta unit dibandingkan dengan Huawei.

Firma riset IDC meyakini bahwa chipset AI Huawei yang ada pada Mate 10 dan Mate 10 Pro serta Mate 10 Porsche Design dapat meningkatkan penjualan merek China untuk merebut posisi kedua yang kini ditempati Apple. Teknologi yang sama juga disematkan Apple pada chip-nya A11, namun Huawei mengklaim bahwa chip besutannya Kirin 970 lebih baik dimana ia dilengkapi dengan Neural Processing Unit.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Francisco Jeronimo - direktur riset untuk perangkat mobile Eropa di IDC berpendapat bahwa Huawei kini merupakan penantang terbesar Apple dan Samsung dan berkembang amat cepat. Ia meyakini bahwa Huawei kemungkinan akan menyalip Apple pada bisnis smartphone, baik di tahun ini maupun tahun depan.

Beberapa analis percaya bahwa peningkatan Huawei mungkin bersifat sementara dan akan berkurang saat penjualan iPhone 8 dan iPhone X. Namun IDC memperkirakan kenaikan untuk Huawei akan tetap terjadi. Demikian seperti dilansir Gizmo China, Kamis (26/10). (Okz/q)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com