NASA Siapkan Helikopter Ingenuity untuk Terbang di Mars


229 view
NASA Siapkan Helikopter Ingenuity untuk Terbang di Mars
You Tube
Ilustrasi Helikopter Ingenuity terbang di Mars. 
Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) menyiapkan helikopter yang disiapkan untuk dapat terbang di Mars. Helikopter ini kini memiliki nama, yang diusulkan oleh Vaneeza Rupani, siswa SMU Tuscaloosa County di Alabama, dikutip Voaindonesia.

Rupani mengusulkan nama itu dan menjelaskan motivasi di balik nama itu dalam kontes esai NASA "Name the Rover." Kontes itu meminta peserta memberi nama helikopter dan penjelajah Mars yang akan digabungkan ketika diberangkatkan ke planet merah, kemungkinan tahun ini nanti.

Maret lalu, NASA memilih nama "Perseverance" untuk wahana penjelajah Mars, berdasar esai karya siswa dari Virginia. Mereka kembali ke esai-esai yang masuk untuk memilih nama bagi helikopter.
Rupani menjelaskan, ia mengusulkan Ingenuity karena nama itu menyoroti kemampuan manusia dalam "melakukan hal-hal keren seperti mengirim robot ke planet lain dan melakukan sains di Mars." NASA setuju, dan meneleponnya pekan ini, memberitahu kabar tersebut.

Helikopter itu dirancang sebagai pesawat pertama yang mencoba penerbangan bertenaga di planet lain.

Jika perjalanan percobaan 31 hari itu berhasil, helikopter kecil itu akan membuktikan bahwa penerbangan bertenaga bisa dilakukan di Mars dan membuka jalan bagi pesawat pada masa depan.

NASA sedang mempersiapkan Ingenuity dan Perseverance untuk diluncurkan pada Juli atau Agustus. (Okz/d)
Penulis
: redaksisib
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com