Masa Pandemi, GBKP Barus Sibayak Rayakan Natal dengan Aksi Bersih Lingkungan dan Bagi Sembako


387 view
Tabloidbintang
Ilustrasi menghias pohon Natal. 
Medan (SIB)
Keluarga Besar Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Barus Sibayak Kabupaten Karo, di bawah pimpinan Ketua Klasis, Pdt Masada Sinukaban MSi, menggelar perayaan Natal 2020 dengan beragam aksi sosial dan ibadah gerejawi secara virtual.

Aksi sosial menyambut dan mengisi perayaan Natal itu dimulai 1 Desember 2020, berupa aksi bersih lingkungan bersamaRelawan Peduli Kebersihan Tanah Karo, untuk mengutip sampah di sepanjang jalan Letjen Jamin Ginting di lokasi wisata Penatapen-Simpang Doulu-Tahura sekitarnya.

“Aksi sosial lainnya adalah penyuluhan publik (jemaat) dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia. Berikutnya pada Sabtu pekan lalu, secara live streaming kita juga mengisi Natal muda-mudi dengan penyuluhan sosial anti judi dan narkoba dalam rangka hari Narkoba nasional,” ujar Pdt Masada Sinukaban kepada SIB di GBKP Tanjungbarus, Minggu (20/12).

Bersama rekannya para pengurus dan pengerja gereja GBKP Tanjungbarus (salah satu rumpun GBKP di Klasis Barus Sibayak) dan anggota tim relawan Peduli Kebersihan Karo, Wage Ginting Manik, dia mengutarakan hal itu di sela-sela kunjungansosial kepada tim petugas kebersihan lingkungan wisata Karo di lokasi Penatapan Doulu, usai Ibadah Minggu di gereja.

Kunjungan dan pertemuan itu sekaligus pemberian bingkisan Natal, berupa sembako kepada para petugas kebersihan objek wisata setempat. Petugas kebersihan itu terdiri dari para pengutipsampah di sepanjang jalan wisata, para pemulung (sortir kumpulan sampah) dan para pengangkut sampah dari titik-titik kumpul ke tempat pembuangan.

“Perayaan Natal di masa pandemi ini tetap kita rayakan dengan khidmat walau sederhana. Bahkan kita bersyukur karena masih banyak pihak (relasi) yang terpanggil untuk peduli membantu para sesama yang membutuhkan, terlebih yang mengalami kesulitan sosial ekonomi akibat wabah pandemi ini. Hal-hal kecil dan sederhana yang kami lakukan kiranya bermanfaat bagi lingkungan hidup dan sesama manusia,” katanya optimis. (M04/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com