Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Siswa SMK Gelora Jaya Nusantara Belajar Memanfaatkan Media Sosial untuk Pariwisata

Redaksi - Minggu, 29 Oktober 2023 12:53 WIB
2.610 view
Siswa SMK Gelora Jaya Nusantara Belajar Memanfaatkan Media Sosial untuk Pariwisata
Foto: Ist/harianSIB.com
Foto Bersama: Dosen Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung, guru dan siswa SMK Gelora Jaya Nusantara  foto bers
Medan (harianSIB.com)
Puluhan siswa SMK Gelora Jaya Nusantara belajar bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan potensi pariwisata, di Medan, Sabtu (28/10/2023). Pelatihan ini digelar pada perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-95, dan hadir sebagai narasumber tim dosen dari Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP DA) dalam rangka 'Pengabdian kepada Masyarakat' (PKM).

Bantors Sihombing SSos MSi yang tampil sebagai pembicara pertama bertajuk 'Promosi Potensi Pariwisata melalui Pemanfaatan Media Sosial', menyebutkan ada berbagai cara dan teknik yang digunakan dalam memajukan pariwisata di Indonesia, di antaranya dengan menggunakan berbagai promosi dengan menggunakan media konvensional seperti melalui televisi, surat kabar, menggunakan iklan, brosur, maupun pameran. Namun, dengan perkembangan teknologi terbaru, yang paling efektif adalah melalui media sosial.

“Media sosial mampu menyebarkan informasi dengan cepat dan daya jangkau yang luar biasa dibandingkan dengan media manapun. Penggunaan media sosial tersebut belakangan menjadi banyak diminati oleh masyarakat sebagai sarana untuk berkomunikasi,” kata dosen Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung ini. Saat ini yang populer adalah TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook.

Bantors lalu menyampaikan berbagai trik membuat postingan menarik di media sosial. Bagi Gen Z, TikTok merupakan media sosial paling top di Indonesia. Medsos berbasis video dan foto ini sangat andal dalam mempromosikan pariwisata. Medsos jenis lain juga memaksimalkan penggunaan video dan foto. "Untuk itu perlu keterampilan mengedit video, dan sudah ada yang praktik seperti CapCut," jelasnya.

Dosen APP DA, Nirwaty Tarigan SE MM, yang tampil sebagai pembicara kedua memotivasi siswa SMK Gelora Jaya Nusantara selalu meningkatkan kompetensinya. Sebagai siswa dari sekolah vokasi, dituntut untuk memiliki skill untuk masuk ke dunia kerja. Dia juga menegaskan hubungan baik APP DA dengan SMK Gelora Jaya Nusantara, dan akan diharapkan akan terus bekerja sama ke depan.

Tim dosen Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) APP DA yang lain adalah Dr Padriadi Wiharjokusumo SS SH MH, dan Lyandru T Tambunan SSt, MSi. Kemudian Novita Romauli Saragih STh, MTh MPd dari PAK UDA.

Herman Karokaro mewakili SMK Gelora Jaya Nusantara menyambut baik kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung. "Saya berharap ini bisa berkelanjutan, dan kami terbuka untuk bekerja sama," katanya. Kegiatan ditutup dengan silaturahmi dan foto bersama.(*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Cegah Bullying, Jaksa Masuk Sekolah di SMK Negeri 1 Merdeka Karo
70 Siswa SMAN 1 Silimakuta Masuk di 17 PTN
Mandi di Kolam Renang, Pelajar SMK Tewas di Aekkanopan
Entrepreneur in Action Dorong Anak Muda Miliki Semangat Wirausaha
Kabid SMK Disdiksu : Sekolah Vokasi Jadi Alat Peningkatan SDM
BPODT Perkenalkan Toba Caldera Resort di Acara Internasional Tourism Investment Forum
komentar
beritaTerbaru