Deliserdang Target 1 Kecamatan 1 Desa Wisata


1.379 view
Deliserdang Target 1 Kecamatan 1 Desa Wisata
Foto SIB/ist
Desa Wisata: H. Khoirum Rijal, ST, M.AP, Kepala Dinas Kepemudaan,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deliserdang, Selasa (27/4/2021) lalu, menerima kunjungan para akademisi APP DA untuk membahas rencana kerjasama pengembangan pariwisata.
Lubukpakam(harianSIB.com)

Kabupaten Deliserdang memiliki potensi besar pariwisata. Daerah terbagi dalam dua wilayah yang kontras, yakni dataran tinggi dan pesisir. Semua layak dipoles menjadi destinasi wisata.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Pemkab Deliserdang menargetkan satu kecamatan akan memiliki satu desa wisata. "Kita sudah mulai memetakan desa mana yang bakal dikembangkan menjadi desa wisata. Nanti akan memiliki SK penetapan sebagai desa wisata," kata H. Khoirum Rijal, ST, M.AP, Kepala Dinas Kepemudaan,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deliserdang, dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (8/5/2021).

Khoirum menegaskan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun pariwisata di Deliserdang. Pada 27 April 2021 lalu, dia bersama stafnya sudah bertemu dengan beberapa akademisi membahas kerjasama pendampingan desa wisata. "Ini menjadi awal yang baik, moga bisa diwujudkan," katanya.

Menurut Khoirum, sebenarnya sudah ada desa wisata yang telah ramai dikunjungi wisatawan. Kampung Sawah, Pematang Johar, misalnya telah berkembang. Namun, dia ingin lebih memaksimalkan potensi yang ada sesuai arahan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan.

Ada banyak desa Deliserdang berada di garis pantai. Tentu saja dengan berbagai potensi wisata bahari. Mereka potensial dikembangkan menjadi desa wisata, agar meningkatkan kesejahteraan warga di sana.

Desa di dataran tinggi tak kalah menarik. Khoirum menyebutkan banyak desa di Sibolangit memiliki potensi. Dia mencontohkan Buluh Awar, yang merupakan wisata religi, sebab di sanalah gereja GBKP pertama kali. "Pemerintah memerlukan dukungan semua pihak untuk mengembangkannya," ujarnya.(*)

Penulis
: Siaran Pers
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com