Kamis, 23 Mei 2024 WIB

Lau Kulap, Taman Rekreasi Kolam Renang Alami dengan Air Pegunungan Bebas Kaporit

Redaksi - Minggu, 20 Agustus 2023 14:12 WIB
2.850 view
Lau Kulap, Taman Rekreasi Kolam Renang Alami dengan Air Pegunungan Bebas Kaporit
Foto: Dok/SIB/ Roy Marisi Simorangkir
LAU KULAP:  Wisata kolam alami menjadi favorit pengunjung di lokasi wisata Lau Kulap, Desa Telagah, Kecamatan Kuala, K
Langkat (harianSIB.com)
Wisatawan yang ingin menikmati taman rekreasi dan kolam renang di kawasan pegunungan, direkomendasikan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan sahabat di obyek wisata Lau Kulap, di Desa Telagah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

Untuk menuju Lau Kulap, pengunjung harus menempuh perjalanan sekira 2-3 jam dari Kota Medan, melalui rute Jalan Gatot Subroto Medan menuju Kota Binjai, dilanjutkan menuju Sei Bingai hingga sampai Desa Telagah.

Meski berlokasi di area yang sedikit tersembunyi di kawasan pegunungan, namun tak mengurangi minat wisatawan dari berbagai kalangan usia untuk berlibur karena suasana alaminya. Setibanya di lokasi dan memasuki gerbang, wisatawan disuguhi pemandangan asri alam hijau dan bebatuan besar, ditambah suasana sejuk dan udara segar kawasan pegunungan.

Untuk masuk ke lokasi wisata yang beroperasi mulai pukul 09.00 WIB-17.30 WIB itu, pengunjung dewasa dikenakan tiket masuk Rp10 ribu dan Rp5 ribu untuk anak-anak. Sedangkan parkir mobil dikenakan Rp25 ribu dan Rp10 ribu untuk sepeda motor.

Sembari berjalan menuju kolam renang, para pengunjung dapat melihat sejumlah hewan monyet yang bergelantungan di pohon serta beberapa gazebo yang dapat disewa untuk beristirahat sambil menikmati bekal makanan dan minuman bawaan masing-masing.

Seorang pengunjung Hendrico (50), yang ditemui di lokasi, Minggu (20/8/2023), mengaku, keberadaan 3 kolam renang unik dilengkapi seluncur air berliku dari mata air pegunungan, menjadi daya tarik obyek wisata tersebut.

"Airnya sejuk dan segar alami karena bebas dari kandungan kaporit. Saat berenang dan bersantai di kolam renang yang dibangun pada tahun 2015 itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pepohonan yang rindang," katanya.

Di depan pintu masuk kolam renang, terangnya, wisatawan dapat mencicipi sejuk dan jernihnya air aliran sungai yang memiliki kedalaman relatif dangkal itu. Dengan bermain sambil menikmati gemericik air sungai, pengunjung dijamin mendapat efek relaksasi yang menenangkan.

Hendrico mengatakan, dirinya dan keluarga dapat mengabadikan momen liburan bersama dengan berfoto di sejumlah spot foto menarik, seperti balon udara dan miniatur rumah Belanda. Hal menarik dari berfoto di spot balon udara, pada hasil fotonya para pengunjung akan terlihat seolah-olah seperti sedang melayang menggunakan balon udara.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, katanya, pihak pengelola menyediakan penginapan Homestay Lau Kulap yang menawarkan suasana asri dan dikelilingi pegunungan.

Pengunjung juga diizinkan berkemah di sekitar area wisata Lau Kulap, bila ingin merasakan sensasi alam bebas. Saat matahari redup, terangnya, pengunjung disuguhkan dengan turunnya kabut tipis yang menambah keasrian suasana

Di lokasi, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas pendukung memadai seperti toilet, kamar ganti dan mushola yang diimbau dijaga kebersihannya demi kenyamanan bersama. (A12)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pengamat Hukum Soroti Penundaan Sidang TPPO Mantan Bupati Langkat Hingga Empat Kali: Ada Apa ?
Untuk Keempat Kalinya, Sidang Tuntutan Terbit Rencana Peranginangin Ditunda
Bupati Karo Tandatangani MoU Kerjasama Antar Daerah (KAD) Kabupaten Langkat, Karo dan Dairi
Pj Gubernur Terus Dorong Pengendalian Inflasi Pemkab/Pemko di Sumut
BNNK Gandeng Yonif 8 Marinir Cegah Peredaran Narkotika di Langkat
Pelantikan BPC HIPMI Langkat Sukses
komentar
beritaTerbaru