Dukung Kebaya Terdaftar ke UNESCO, Ribuan Perempuan Gelar Jalan Santai


488 view
Dukung Kebaya Terdaftar ke UNESCO, Ribuan Perempuan Gelar Jalan Santai
Foto: Dok/PBI
JALAN SANTAI: Ribuan Perempuan Berkebaya Indonesia berjalan santai bertajuk "Car Free Day Berkebaya" dimulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset & Teknologi, dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (19/6/2022). 

Jakarta (harianSIB.com)


Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) dan Pertiwi Indonesia menggelar jalan santai berkebaya di sepanjang jalan Sudirman Jakarta, Minggu (19/6/2022).


Acara ini diadakan sebagai bentuk dukungan untuk mendaftarkan kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia.


Jalan santai bertajuk CFD (Car Free Day) Berkebaya tersebut, dimulai dari halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset & Teknologi, dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia.


Sebanyak 2500 peserta mendaftar secara online, baik secara pribadi maupun dari berbagai organisasi perempuan.


“Dalam Kongres Berkebaya Nasional yang diadakan PBI tahun lalu, antara lain diusulkan soal Penetapan Hari Berkebaya Nasional dan Pendaftaran Kebaya ke Unesco. Karena itu perlu kita adakan berbagai kegiatan untuk menggaungkan keberadaan kebaya ke dunia dan membangun kecintaan pada busana peninggalan nenek moyang kita ini,” kata Ketua Umum PBI Rahmi Hidayati dalam keterangan persnya, Minggu (19/6/2022).


CFD Berkebaya, lanjut dia, adalah langkah awal untuk mulai bergerak soal pendaftaran ke Unesco tersebut.


"Perlu waktu yang lumayan panjang, mulai dari kajian ilmiah mengenai sejarah kebaya, pembuatan dokumentasi soal kebaya, sampai memproses pengajuan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan," pungkas Rahmi.

Penulis
: Victor Ambarita
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com