Kolaborasi Negara Asia Pasifik dalam Upaya Perbaikan Kualitas Udara Jakarta dan Dunia


369 view
Kolaborasi Negara Asia Pasifik dalam Upaya Perbaikan Kualitas Udara Jakarta dan Dunia
(Foto: Dok/Istimewa)
Ilustrasi. 

Jakarta (harianSIB.com)

Polusi udara adalah masalah bersama yang mengancam kesehatan dan perekonomian penduduk kota-kota di dunia. Perbaikan kualitas udara membutuhkan kolaborasi global dan regional.


Demikian kesimpulan diskusi bertajuk “Hari Udara Bersih Dunia: Menyongsong Langit Biru Jakarta”, dalam keterangan persnya, yang dilaksanakan oleh Clean Air Catalyst secara online dari Bangkok, Thailand, pada hari Kamis, 9 September 2022, menyusul rangkaian acara perayaan The International Day of Clean Air for Blue Skies (Hari Udara Bersih Dunia Menyongsong Langit Biru) ketiga, yang jatuh pada Rabu, 7 September 2022.


Clean Air Catalyst adalah konsorsium global yang bertujuan untuk merancang solusi yang sesuai dan berbasis data untuk masalah-masalah polusi udara.


The International Day of Clean Air for Blue Skies merupakan tindak lanjut dari ajakan Persatuan Bangsa-Bangsa terhadap negara-negara dan pihak terkait lainnya untuk mengevaluasi dan meningkatkan upaya mencapai perbaikan kualitas udara secara global.


Clean Air Catalyst, yang diwakili Muhammad Shidiq, Air Quality Lead World Resources Institute (WRI) Indonesia, yang juga memimpin implementasi Clean Air Catalyst di Jakarta, dan Fadhli Zakiy, Project Manager for Air Quality and Cities WRI Indonesia, berpartisipasi dalam acara The International Day of Clean Air for Blue Skies ketiga di Bangkok, Thailand, dengan berbagi solusi dan informasi berdasarkan tantangan kualitas udara yang saat ini sedang dihadapi oleh Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia.


Air Quality Lead WRI Indonesia, Muhammad Shidiq, menyatakan, “Indonesia bersama negara-negara lainnya di Kawasan Asia Pasifik harus bersama-sama mencari solusi terbaik bagi tantangan polusi udara. Karena polusi udara bukan hanya menjadi pemicu kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru, tetapi juga berpotensi berdampak negatif terhadap perekonomian negara.”

Penulis
: Victor Ambarita
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com