Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Mendagri Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Capaian Pengendalian Inflasi

Redaksi - Rabu, 03 Mei 2023 21:42 WIB
261 view
Mendagri Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Capaian Pengendalian Inflasi
Foto: Detikcom/Dok/Kemendagri
Mendagri Tito Karnavian 
Jakarta (harianSIB.com)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah membantu menyosialisasikan capaian positif upaya pengendalian inflasi kepada masyarakat. Pasalnya, upaya pengendalian inflasi memperoleh hasil positif, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan salah satu lembaga riset, diketahui kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam pengendalian harga kebutuhan pokok terhitung rendah.

Hal tersebut diungkapkan olehnya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi di Daerah yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Angka inflasi yang 4,33 persen yang itu diakui oleh dunia, Indonesia bisa mengendalikan harga barang dan jasa dan kita rasakan sebetulnya pada saat Ramadan dan lain-lain kemarin relatif terkendali. Sekali lagi, tidak terjadi rush panic buying," ujar Tito dalam keterangan tertulis, Rabu (3/5/2023).

Ia mengatakan capaian inflasi di Indonesia yang mencapai 4,33 persen di level internasional terbilang optimal. Angka tersebut menunjukkan bahwa pengendalian inflasi relatif terkendali. [br]


Menurutnya, hal itu perlu disosialisasikan secara massif kepada masyarakat terutama oleh kepala daerah atau jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Tolong rekan-rekan kepala daerah, sampaikan betul (upaya pengendalian inflasi kepada masyarakat). Karena ini berpengaruh bukan hanya kepada pemerintah pusat, tetapi kepercayaan pemerintah daerah masing-masing," jelasnya.

Selain itu, ia bersyukur atas capaian positif pengendalian inflasi di Indonesia. Menurutnya, kondisi ini terjadi berkat kerja sama pusat dan daerah, terutama dalam menerapkan strategi pengendalian inflasi. Mendagri berharap, torehan tersebut dapat dipertahankan.

"Ini yang harus kita pertahankan terus agar situasi politik keamanan masyarakat lebih tenang dan pembangunan bisa berjalan," tutupnya. (*)





Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Inflasi Terjaga, Mendagri: Posisi Indonesia Bagus di Tingkat Global
Ikutin Rakor Perluasan Areal Tanam di Jakarta, Pj Wali Kota Tebingtingg Terima Bantuan Alsintan Dari Mentan
Jaga Inflasi, Kemendagri Minta Kepala Daerah Susun Perencanaan Jaga Stok Komoditas
Kemendagri Minta Kepala Daerah Kerja Keras Kendalikan Inflasi
Pj Wali Kota Tebingtinggi Sampaikan Capaian Kerja ke Mendagri
Pj Gubernur Terus Dorong Pengendalian Inflasi Pemkab/Pemko di Sumut
komentar
beritaTerbaru