Komunikasi Pemerintahan Dalam Penguatan Lembaga Desa melakukan Pembangunan Desa


1.599 view
Komunikasi Pemerintahan Dalam Penguatan Lembaga Desa melakukan Pembangunan Desa
Foto Dok/Humas
Foto Bersama: Besti Rohana Simbolon SSos MSi foto bersama dengan perangkat dan warga Desa Bertah, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo. 

Oleh: Besti Rohana Simbolon SSos MSi

Pembangunan Desa menjadi perhatian pemerintah karena banyak penduduk di Indonesia yang tinggal di Desa daripada di Kota.

Penelitian di desa juga semakin banyak untuk mengetahui persoalan pembangunan dan masyarakat dalam menyikapi pembangunan.

Saat ini kondisi komunikasi pemerintahan menjadi sorotan untuk melihat bagaimana pemerintah menjangkau masyarakatnya di desa agar dapat melakukan pembangunan dengan tepat sesuai yang diharapkan pemerintah.

Jika merujuk Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka kegiatan pembangunan di desa adalah cara yang tepat memberi harapan bagi pemerintah desa dan masyarakat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa dari APBN, merupakan cara desa dalam menggunakan dana desa yang harus dikelola secara tertib, taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan serta mengutamakan kepentingan masyarakat setempat. Itu sebabnya dalam penelitian yang dilakukan di Desa Bertah Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo ditemukan bahwa Kepala desa dan perangkat desa bersama Lembaga desa dan masyarakat desa telah bekerja sama untuk membangun desanya.

Setelah tim melakukan sosialisasi ke Kecamatan Tigapanah dan Dinas PMD Kabupaten Karo di bulan Februari, tim melakukan penelitian mencari data dan mengolah data selama enam bulan. Sejak penelitian di bulan Februari sampai April, Tim Riset Universitas Darma Agung yang saya pimpin, Besti Rohana Simbolon SSos MSi telah menemukan fakta bahwa komunikasi pemerintahan secara internal dan eksternal telah dilakukan di desa Bertah Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo. Jenis Komunikasi pemerintahan yang digunakan tidak hanya tatap muka tetapi juga menggunakan teknologi komunikasi seperti WhatsApp dan juga Smartphone dengan menggunakan aplikasi Video Call.

Komunikasi Kelompok dan Komunikasi antar pribadi digunakan pihak Kabupaten dan Kecamatan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada pemerintah desa dan Lembaga desa dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa dengan menggunakan dana desa. Komunikasi pemerintahan yang dikalukan mempengaruhi peningkatan kapasitas Lembaga desa. Namun peningkatan yang terjadi belum maksimal karena masih terlihat ketergantungan Lembaga desa dan perangkat desa kepada kepala desa dan pendamping desa maupun pendamping lokal desa. Sedangkan komunikasi antar pribadi dan penggunaan teknologi komunikasi digunakan oleh Pendamping desa dan pendamping local desa serta kepala desa dalam berinteraksi dengan Lembaga desa serta perangkat desa lainnya untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan di tengah masyarakat.

Desa Bertah merupakan bagian dari 26 desa yang ada di Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo. Desa Bertah, Masyarakat desa Bertah, memiliki mata pencarian dan prioritas kehidupan sehari-hari pada perekonomian pertanian, yaitu tanaman muda, seperti kol, cabe, kentang dan lain-lain.

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com