Kamis, 13 Juni 2024 WIB

KKI Taput dan Sibolga Gelar UKT Kyu, Diikuti 300 Karateka

Redaksi - Rabu, 22 November 2023 21:46 WIB
2.660 view
KKI Taput dan Sibolga Gelar UKT Kyu, Diikuti 300 Karateka
Foto: Dok/KKI
UKT: Ketua Dewan Guru KKI SUMUT Kompol Janpiter Napitupulu SH Mh, Ketua MSH Beduan Siahaan Spd MM, para senioren dan pelatih, foto bersama para karateka di Taman Kota Tarutung, Minggu (19/11). 
Medan (SIB)
Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Kabupaten Tapanuli Utara dan Kota Sibolga menggelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Kyu di Taman Kota Tarutung, Minggu (19/11). Ada 300 lebih peserta yang ikut dalam ujian yang dimulai dari Kyu 7 (putih) sampai dengan Kyu 2 (coklat strip).

Ujian langsung dipimpin Ketua Dewan Guru KKI Sumut Kompol Janpiter Napitupulu SH Mh dan Ketua MSH Beduan Siahaan Spd MM. Turut hadir sebagai penguji, yakni Sensei H Asmal Dalimunthe dan Rintar Napitupulu. Lalu sejumlah sempai yakni Wandi Sihombing, Bona Nainggolan, Sabar Siagian, Anover Siahaan, Pepi Sinaga, Daniel Hutapea dan Faisal Siahaan.

"Untuk materi ujian dilaksanakan dimulai dari teori pengetahun tentang KKI, meliputi teknik karate yaitu dasar (Kihon), Kata, Ippon Komite, Beladiri (Jiu jit su) dan Komite," kata Ketua Dewan Guru KKI Sumut Kompol Janpiter Napitupulu.

Dikatakan, tujuan UKT Kyu digelar sebagai agenda kerja KKI Sumut yang setiap 6 bulan melaksanakan kenaikan tingkat Kyu (sabuk) sebagai sarana para Kohai untuk mendapat Ijazah sesuai tingkatan ujian. "Di samping itu untuk mengetahui sejauh mana para kohai menerima materi dari para pelatih selama di dojo masing-masing," ungkapnya.

Adapun UKT kali ini merupakan program kerja KKI Sumut usai Pelantikan Kepengurusan KKI Sumut periode 2023-2027 yang dilaksanakan di Hotel internasional Danau Toba pada 20 Oktober 2023.

Kegiatan ujian merupakan kedua kali dilaksanakan yang sebelumnya Pengcab kki Medan, Sergai dan dan Labuhanbatu pada Oktober lalu.

Pihaknya berharap kegitan ujian ini akan memberi semagat baru kepada kohai-kohai untuk lebih semangat berlatih, karena untuk dapat berprestasi mengharumkan nama KKI Sumut di tingkat nasional.

"Kepada para atlet peserta ujian bagi yang lulus supaya tetap rendah hati dan jangan merasa puas karena semakin tinggi tingkatan Kyu, maka akan semakin besar tanggung jawab untuk membesarkan nama KKI melalui kejuaraan. Bagi yang tidak lulus, diberi waktu 2 bulan untuk memperbaiki gerakan di dojo masing-masing," tambahnya.

Sementara Ketua KKI Taput Sempai Sopian Pane selaku Ketua Panitia Pelaksana Ujian Kenaikan Kyu menyampaikan, sebelum ujian dilaksanakan, digelar kebaktian bagi umat Nasrani. Tujuannya sebagai salah satu pembinaan bagi para peserta ujian untuk senantiasa mengisi jiwa dengan Firman Tuhan dan turut diikuti para penguji, pelatih dan orang tua.

Turut hadir para pelatih, yakni sempai Resmi Panjaitan, Thomson Pasaribu, Masrita Damanik, Oktoberto Sihombing, Ajusman Sihombing dan Walker. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru