Kini Makin Mudah Kelola Google Docs


2.209 view
Kini Makin Mudah Kelola Google Docs
Foto: iStockphoto/Suradech14
Ilustrasi

Medan (harianSIB.com)

Pengguna sekarang dapat memasukkan "smart chips" aplikasi pihak ketiga ke dalam Google Docs Anda setelah perusahaan mengumumkan bahwa fitur tersebut sekarang tersedia untuk pengguna Google Workspace dan mereka yang memiliki akun Google pribadi.

Dilansir republika.co.id dari The Verge, Senin (19/6/2023), Google mengumumkan akan membuka fitur tersebut untuk pihak ketiga tahun lalu sebagai bagian dari perombakan “smart canvas” yang sedang berlangsung dari office suite-nya yang telah menghadirkan fitur lain seperti tata letak tanpa halaman ke Google Docs.

Desainer Google Ungkap Keunggulan Lain Pixel Fold Ini Peringatan Google pada Karyawannya Soal Chatbot AI Terinspirasi dari Permainan Populer di Jepang, Ini Gim Rahasia Buatan Google.

Untuk menggunakan chip pintar pihak ketiga, pertama-tama Anda harus meminta admin atau pengguna menginstal add-on aplikasi dari Google Workspace Marketplace. Kemudian, Anda cukup mengambil tautan berbagi dari sumber aplikasi pihak ketiga dan menempelkannya ke dokumen Anda.

Dari sana, Anda akan diminta untuk menekan tombol tab, yang memasukkan chip pintar ke dalam dokumen dan memungkinkan Anda melihat pratinjau info aplikasi dan status kerja, sehingga orang yang berkolaborasi dalam sebuah Google Doc dapat dengan cepat melihat kemajuan proyek tanpa meninggalkan dokumen.

Selain itu, bagaimana chip diimplementasikan tergantung pada pengembangnya. Misalnya, menurut halaman Workspace Marketplace aplikasi, Figma “memungkinkan pengguna untuk menarik pratinjau interaktif dari file Figma dan FigJam ke dalam Google Docs, sehingga dapat dengan mudah mereferensikan desain terbaru dan pekerjaan proyek dalam konteks”, sedangkan Atlassian Cloud add-on memungkinkan Anda melampirkan masalah Jira yang relevan sehingga Anda dapat melacaknya di dalam Doc yang berfungsi.

The Verge mencobanya dan dapat mengaktifkan dan menjalankan integrasi dengan Figma hanya dalam hitungan beberapa menit. Setelah tautan ditempelkan, The Verge hanya mengarahkan kursor ke tautan Figma, dan setelah beberapa saat, itu muncul dengan gambar pratinjau proyek, bersama dengan siapa yang membuatnya dan kapan terakhir kali diperbarui.(republika.co.id)

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com