Rabu, 19 Juni 2024 WIB

MK: Gibran Memenuhi Syarat sebagai Cawapres

Redaksi - Senin, 22 April 2024 10:42 WIB
587 view
MK: Gibran Memenuhi Syarat sebagai Cawapres
Foto: Tara Wahyu/detikJateng
Gibran Rakabuming Raka 
Jakarta (harianSIB.com)

Arief Hidayat, salah satu hakim di Mahkamah Konstitusi, menegaskan bahwa tidak ada kendala hukum terkait dengan kelayakan Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat untuk posisi wakil presiden. Dia juga menyatakan bahwa proses penentuan kandidat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah berjalan sesuai dengan keputusan yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Hal itu disampaikan hakim Arief saat membacakan pertimbangkan pokok permohonan pemohon untuk gugatan yang diajukan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin(22/4/2024). Mulanya, Arief mengatakan perselisihan hasil pemilu bukal lagi persoalan mengenai keabsahan atau konstitusionalitas syarat, namun kepada keterpenuhan syarat dari para pasangan calon peserta pemilu.

"Dalam konteks perselisihan hasil Pemilu, persoalan yang dapat didalilkan bukan lagi mengenai keabsahan atau konstitusionalitas syarat, namun lebih tepat ditujukan kepada keterpenuhan syarat dari para pasangan calon peserta Pemilu," kata Arief.

Karena itu, kata Arief, tidak terdapat permasalahan dalam keterpenuhan syarat bagi Gibran selaku cawapres dari nomor urut 2. Arief juga menilai tidak ada bukti yang meyakinkan telah terjadi intervensi Presiden dalam perubahan syarat Pasangan Calon dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

"Dengan demikian, menurut Mahkamah tidak terdapat permasalahan dalam keterpenuhan syarat tersebut bagi Gibran Rakabuming Raka selaku calon wakil presiden dari Pihak Terkait dan hasil verifikasi," ujarnya.

"Serta penetapan Pasangan Calon yang dilakukan oleh Termohon telah sesuai dengan ketentuan tersebut serta tidak ada bukti yang meyakinkan Mahkamah bahwa telah terjadi intervensi Presiden dalam perubahan syarat Pasangan Calon dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024," imbuhnya.

Arief juga membacakan terkait permohonan Anies dan Cak Imin yang menyebut KPU telah melakukan dugaan pelanggaran karena menerima berkas pendaftaran Gibran sebagai cawapres. Arief menyebut KPU menerima itu karena melaksanakan putusan MK.

"Bahwa dalil Pemohon berikutnya adalah berkenaan dengan dugaan adanya pelanggaran oleh Termohon karena menerima dan memverifikasi berkas pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden tanpa terlebih dahulu merevisi PKPU 19/2023," ungkapnya.

"Sebagaimana telah Mahkamah uraikan di atas, tindakan Termohon yang dianggap Pemohon langsung menerapkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90/PUU-XXI/2023 tanpa mengubah PKPU 19/2023 adalah tidak melanggar hukum," katanya.(detikcom)



Editor
:
SHARE:
Tags
MK
beritaTerkait
Muscab GAMKI Medan Deadlock, Swangro Lumbanbatu: DPD Tetapkan Caretaker “Orang Dalam”
Mandi di Kolam Renang, Pelajar SMK Tewas di Aekkanopan
Idul Adha, Pemkab Asahan Sembelih 90 Ekor Sapi dan 23 Ekor Kambing
Parkir Berlangganan Bermanfaat Bagi Pemko dan Masyarakat
Ini Harga Tarif Parkir Tahunan, Motor Rp90 Ribu, Mobil Rp130 Ribu
KPU: Tak Ada Kampanye untuk Coblos Ulang
komentar
beritaTerbaru