Sabtu, 20 Juli 2024

Tagar 'AllyesOnPapua' Viral di Medsos, Sejumlah Artis Indonesia Turut Mendukung

Rido Sitompul - Selasa, 04 Juni 2024 09:11 WIB
284 view
Tagar 'AllyesOnPapua' Viral di Medsos, Sejumlah Artis Indonesia Turut Mendukung
(Foto Dok/ist)
Poster 'AllyesOnPapua' viral di media sosial.
Jakarta (SIB News Network | SNN)
Platform media sosial kembali diramaikan gerakan #AllEyesOnPapua dimana sebelumnya gerakan 'All Eyes On Rafah' viral.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (4/6/2024), tagar #AllEyesOnPapua masuk dalam jejeran trending topic platform X dan sudah menghimpun lebih dari 21.000 tweet.

Gerakan tersebut menyusul protes yang dilakukan masyarakat adat suku Awyu, Boven Digoel, Papua Selatan, bersama dengan suku Moi, Sorong, Papua Barat Daya.

Baca Juga:

Mereka sama-sama terlibat dalam gugatan hukum melawan pemerintah dan perusahaan sawit demi mempertahankan hutan adat mereka.

Bahkan, perwakilan suku Awyu dan Moi melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Agung (MA) pada Senin (27/5) lalu.

Baca Juga:

Mereka mengutarakan keresahan terkait hutan adat yang terancam punah gara-gara dijadikan lahan sawit. Para perwakilan suku meminta agar MA menjatuhkan putusan hukum yang melindungi hutan adat mereka.

Aksi tersebut kemudian ramai mendapat dukungan netizen di media sosial. Di Instagram, akun resmi Green Peace Indonesia (@greenpeaceid) dan Pusaka Bentala Rakyat (@bentalarakyat) turut menyuarakan dukungan terhadap suku Awyu dan Moi.

Mereka juga meminta dukungan dari masyarakat atas isu tersebut dengan menandatangani petisi 'Saya Bersama Hutan Papua' yang sudah ditandatangani lebih dari 17.000 orang dari target 20.000.

"Pelaku industri kelapa sawit dengan sengaja menebang dan membakar hutan demi membuka lahan perkebunan sawit. Sejak tahun 2000, luas kawasan hutan yang dilepas untuk perkebunan di Ranah Papua menjapai hampir satu juta hektar - atau hampir dua kali luas pulau Bali!," tertera dalam petisi tersebut, dikutip dari laman Green Peace Indonesia, Senin (3/6/2024).

Banyak netizen yang turut menyuarakan pentingnya hutan adat Papua dilindungi dari kepentingan perusahaan sawit. Tak hanya itu, sejumlah artis ternama Indonesia ikut bersuara dengan mengunggah foto kampanye bertuliskan All Eyes on Papua.

Ada Luna Maya, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Nikita Mirzani, Febby Rastanty, Pandji Pragiwaksono, Kiky Saputri, Tantri Kotak, Shireen Sungkar, Zaskia Adya Mecca, dan masih banyak lagi. Mereka juga mengajak jutaan pengikutnya untuk menandatangani petisi dari link yang tertera. (*)

Editor
: Rido Sitompul
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Viktor Silaen Dukung Pemerintah Tindak Tegas 700 Perusahaan Sawit Belum Laporkan Data Sawit
Setelah Diteken Luhut, Audit Perusahaan Sawit Resmi Dimulai
Luhut: Kantor Pusat Perusahaan Sawit Wajib Berada di Indonesia
komentar
beritaTerbaru