Sabtu, 20 Juli 2024

Alex Marwata Tegaskan Presiden Tak Pernah Intervensi KPK

Redaksi - Sabtu, 22 Juni 2024 10:38 WIB
496 view
Alex Marwata Tegaskan Presiden Tak Pernah Intervensi KPK
(Yogi/detikcom)
Diskusi Mencari Pemberantasan Korupsi: Menjaga Independensi, Menolak Politisasi, di Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024).

Jakarta (SIB)

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata bicara dinamika yang terjadi selama menjadi pimpinan KPK dua periode terakhir. Alex mengatakan tidak pernah mendapatkan intervensi dari Presiden terkait penanganan perkara di KPK.

"Apakah selama jalan 5 tahun pimpinan bisa diintervensi oleh Presiden? Saya sampaikan sama sekali Presiden tidak pernah intervensi penanganan perkara di KPK," kata Alex dalam diskusi Mencari Pemberantasan Korupsi: Menjaga Independensi, Menolak Politisasi, di Jakarta Selatan, Jumat (21/6).

Baca Juga:

Alex mengatakan, anggapan itu bisa dilihat dari kerja penindakan KPK. Dilansir dari Koran SIB, dia menyebut, selama dua periode berada di KPK, banyak pejabat setingkat menteri yang bisa ditangkap KPK.

"Bisa saya buktikan (Presiden tidak intervensi), Menteri Kelautan, Menteri Sosial, Kepala Basarnas, Menteri Pertanian itu lebih banyak (ditangkap) dari periode sebelumnya kalau dilihat penindakan pejabat negara setingkat menteri," ujar Alex.

Baca Juga:


Menurut Alex, pimpinan KPK juga minim berkomunikasi dengan Presiden. Dia mengatakan pimpinan KPK hanya bertemu Presiden setahun sekali saat momen Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).


"Sama sekali tidak pernah (intervensi). Apakah Presiden pernah memanggil pimpinan? Saya selama 4 tahun terakhir nggak pernah diundang, dipanggil Presiden. Kami pimpinan bertemu Presiden hanya pada saat Hakordia," kata Alex.


Dia menambahkan banyak rumor yang muncul terkait dinamika KPK saat ini. Alex menilai kondisi internal di KPK selama ini dalam keadaan normal.
"Di luar itu terlalu banyak rumor. Sebenarnya kalau di dalam internal kami sih baik-baik aja," ucap Alex.

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Rapat Bersama Menko PMK, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Jamin Persiapan PON Sesuai Jadwal
Dugaan Korupsi Jalur Kereta Memanas, KPK Panggil Hasto Kristiyanto
Jokowi Resmi Lantik 3 Wakil Menteri
KPK Periksa Pejabat Pemko Semarang, Kantor Dinsos Digeledah
Sore Ini Jokowi Lantik 3 Wakil Menteri
Dinyatakan Positif Covid-19, Joe Biden : Saya Baik-baik Saja
komentar
beritaTerbaru