Sabtu, 20 Juli 2024

Vaksinasi Booster Kedua Dimulai di Kota Medan, RS Haji akan Suntik 700 Orang

Redaksi - Selasa, 02 Agustus 2022 09:48 WIB
1.571 view
Vaksinasi Booster Kedua Dimulai di Kota Medan, RS Haji akan Suntik 700 Orang
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21
Ilustrasi.
Medan (SIB)
Pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk para tenaga kesehatan (nakes) sudah dimulai di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), seperti dilansir dari harianSIB.com, Senin (1/8).

Salah satu rumah sakit yang telah mulai melaksanakannya yaitu Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan. Informasi diperoleh wartawan, pelaksanaan booster kedua ini belum berlangsung secara menyeluruh di Sumut.

Kepala Bagian Umum RSU Haji Medan drg Anda Siregar mengatakan pihaknya telah mulai melaksanakan vaksinasi dosis keempat tersebut.

Jadwal yang mereka berikan, jelas dia, mulai Senin sampai Jumat, sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. "Untuk vaksinasi booster kedua bagi nakes sudah kita mulai hari ini. Jenis vaksin yang digunakan adalah pfizer dan moderna," ungkapnya.

Total pegawai RSU Haji yang direncanakan akan divaksin 700 orang terdiri dari dokter 120 orang, perawat dan nakes lainnya 480 orang, tenaga pendukung lainnya 100 orang.

"Vaksin booster kedua ini akan langsung diinputkan dan masuk kedalam aplikasi peduli lindungi," ujarnya. Terpisah, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik akan menggelar vaksinasi booster kedua ini, Selasa (2/8).

Namun Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUPHAM, Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom menyebutkan jadwalnya masih bisa berubah, karena mereka masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan.

"Rencana sih besok, tapi belum ada kepastian dari Dinas (Kesehatan). Kami lagi menunggu kabar dari mereka," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis MM menyatakan vaksinasi booster kedua di Sumut rencananya memang dimulai Senin (1/8). [br]

Dia mengakui, pelaksanaan di Sumut ada sedikit keterlambatan dari waktu yang dicanangkan pemerintah pada Jumat (29/7), lantaran P-Care untuk Sumut belum terbuka.

"Kita kemarin memang mau lounching, tapi P-Carenya belum terbuka. Mudah-mudahan Senin ini mulai melaksanakan," ujarnya.

Sementara itu, untuk jenis vaksin, Ismail menerangkan, akan digunakan sesuai stok vaksin yang tersedia, baik pfizer, moderna atau lainya. Untuk itu, dia berharap, booster kedua yang diberikan bisa menurunkan risiko (vatality) bagi nakes apabila terpapar Covid-19.

"Kita berharap yang mendapatkan booster kedua ini, pertama adalah yang bekerja di rumah sakit, kedua vaksinator, ketiga petugas di Puskesmas dan seterusnya," pungkasnya. (SS6/a)

Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Meski Berstatus Tersangka, Polsek Medan Area Tidak Tahan RM dan DM
Jelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Polda Sumut Gelar Operasi Patuh Toba untuk Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas
Kadinkes Medan Diberhentikan Sementara, Edi Subroto: Belum Ada Penunjukan Pejabat Pelaksana
Ketua DPRD Diingatkan Tidak Sekadar 'Menembak' Eksekutif Melalui Media
Kadis Kesehatan Medan Taufik Ririansyah Diberhentikan Sementara
Ultimatum Wali Kota Medan Terhadap Mal Centre Point, Hingga H+3 Tidak Ada Pengosongan
komentar
beritaTerbaru