Rabu, 19 Juni 2024 WIB
Ketua DPRD SU Drs Baskami Ginting:

Ibu Ramlah Br Hutagalung Jadi Teladan Bagi Kaum Ibu

Redaksi - Minggu, 04 Februari 2024 09:07 WIB
453 view
Ibu Ramlah Br Hutagalung Jadi Teladan Bagi Kaum Ibu
(Foto: SIB/Firdaus Peranginangin)
KATA PENGHIBURAN: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting memberikan kata penghiburan kepada keluarga besar Pemimpin Umum Harian SIB Ibu Ramlah Br Hutagalung, saat melayat di rumah duka Jalan Iskandar Muda, Medan, Sabtu (3/2).
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengatakan, Ibu Pemimpin Umum Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) Ibu Ramlah Br Hutagalung merupakan sosok inspiratif serta bisa menjadi teladan bagi kaum ibu, mengingat kegigihannya dalam menjalankan tugas sebagai ibu yang tetap setia mendampingi Pak GM Panggabean semenjak dari Kota Sibolga hingga hijrah ke Kota Medan.
Hal itu diungkapkan Baskami Ginting kepada wartawan, Sabtu (3/2) saat melayat ke rumah duka Ibu Ramlah Br Hutagalung yang dikenal istri dari Pendiri Harian SIB alm DR GM Panggabean di Jalan Iskandar Muda Medan.
"Almarhumah merupakan sosok keibuan dan pekerja keras, sangat membantu untuk kemajuan Sumut, khususnya kemajuan ibu-ibu serta umat Kristiani maupun perkumpulan marga-marga, yang terus aktif dan berkarya memberikan sumbangsih dan buah pikirannya," kata Baskami.
Walaupun usianya sudah mencapai 85 tahun, tambah politisi PDI Perjuangan ini, ibu Boru Hutagalung tetap berinteraksi dengan masyarakat dan selalu setia menghadiri undangan, baik acara perkumpulan marga, pesta adat, perayaan Natal maupun kegiatan keagamaan lainnya.
"Karakter perempuan keibuan yang hangat, lembut dan ramah tidak pernah lepas dari sosok Ibu Br Hutagalung. Dia juga sebagai "Opung Raja Patuan Boru" yang mengayomi para cucu, mertua yang akrab dengan para menantu dan para staf, wartawan maupun karyawan Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) yang kesehariannya sebagai paket keluarga besar yang lengkap," tambah Baskami.
Berpulangnya Ibu Br Hutagalung yang dikenal sebagai ibu yang arif dan bijaksana, ujar Baskami, bukan hanya duka yang dalam bagi keluarga, tapi juga bagi masyarakat Sumut, karena telah kehilangan satu lagi "ibu Kartini" terbaik Sumut.
"Selamat jalan Ibu yang kami kasihi, beristirahatlah dengan tenang di rumah Bapa di Surga, kami akan selalu mengenang dan melanjutkan cita-citamu untuk kedamaian dan kekompakan kaum ibu yang ikut berperan aktif serta mengambil bagian, guna kemajuan Sumut," tutup Baskami.



MELAYAT
Berdasarkan pantauan wartawan, Baskami saat melayat ke rumah duka Jalan Iskandar Muda Medan, diterima pihak keluarga di antaranya Wakil Pemimpin Umum Harian SIB Ir GM Chandra Panggabean dan istri, Pemimpin Redaksi Harian SIB GM Immanuel Panggabean BBA dan istri, GM Windu Panggabean, GM Intan Panggabean dan suami Maja Hutapea, Pemimpin Usaha Harian SIB Netty Vera Panggabean, serta para cucu. Hadir juga Penanggungjawab Harian SIB Drs Victor Siahaan SH.
Baskami dalam kesempatan itu menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya Ibu Ramlah Hutagalung, ke rumah Bapa di Surga.
"Saya atas nama pribadi dan selaku Ketua DPRD Sumut turut berduka cita mendalam atas meninggalnya Ibu Hutagalung. Saya yakin dan percaya Ibu Hutagalung saat ini sudah berada di surga," kata Baskami.
Baskami bercerita dirinya terakhir bertemu Ibu Ramlah Hutagalung saat Hari Doa Nasional di GBI Rumah Persembahan Medan, pada Juli 2023 lalu.
"Saat itu saya peluk dia (Ibu Ramlah Hutagalung). Kami juga foto bersama. Foto itu saya masukan (posting) di Facebook saya, sebagai ungkapan rasa duka sekaligus untuk mengenang beliau," ucap Baskami.
Baskami mengharapkan keluarga yang ditinggalkan dapat menerima kepergian Ibu Hutagalung dari tengah-tengah keluarga dan mendoakan seluruh rangkaian acara hingga pemakaman Ibu tercinta berjalan lancar.
Putra tertua Ibu Ramlah Hutagalung, GM Chandra Panggabean, mewakili keluarga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Baskami melayat ibunda mereka.
"Sudah lama hubungan Mama (Ibu Ramlah) dan Pak Baskami Ginting sangat dekat. Sering membicarakan kepentingan masyarakat. Begitu banyak kenangan," kata Chandra.
Chandra juga mengharapkan Baskami diberkati dalam melaksanakan tugas-tugasnya serta diberi kesehatan.
Sebelum berpamitan, Baskami memimpin doa agar segenap keluarga diberi kekuatan dan ketabahan atas meninggalnya ibu yang dicintai.


Baca Juga:


RATUSAN PAPAN BUNGA
Sementara itu, ratusan papan bunga ucapan belasungkawa dari para pejabat, pimpinan gereja, komunitas dan tokoh di Sumut tampak berjejer di rumah duka di Jalan Iskandar Muda No 9 Medan, sepanjang 1 kilometer lebih. Tidak hanya di jalan utama, papan bunga juga tampak di gang-gang Jalan Iskandar Muda.
Di antara ratusan papan bunga yang ada, tampak dari Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kejati Sumut Idianto SH, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, komunitas Horas Halak Hita (H3) serta lainnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Ibu Ramlah Hutagalung meninggal dunia pada Jumat (2/2), di RS Columbia Asia Medan dan sempat dirawat sekitar 10 hari atau sejak 22 Januari 2024, karena penyakit yang dideritanya.
Ibu Ramlah Hutagalung lahir di Sibolga, 3 November 1938. meninggalkan 8 orang anak, 14 cucu dan 4 cicit.
Selain Pemimpin Umum Harian SIB, Ibu Ramlah br Hutagalung juga sebagai Direktur Utama PT Sere Megawati dan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Sisingamangaraja XII Tapanuli.
Jenazah Ibu Ramlah Hutagalung rencananya dimakamkan di Taman Memorial GM Panggabean, di Medan, di samping makam DR GM Panggabean. (**)


Baca Juga:


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Farianda Sinik: PWI Terharu, Harian SIB Tunjukkan Karya Nyata Bukan Karya Kata
Wali Kota Medan Bobby Nasution Melayat ke Rumah Duka Ketua DPRD SU Drs Baskami Ginting
Yasonna H Laoly: Baskami Kader Setia dan Militan, Sumut Kehilangan Putra Terbaik
Tokoh Masyarakat Sumut Parlindungan Purba: Ibu Ramlah Hutagalung Mendampingi Perjuangan DR GM Panggabean
Tokoh Masyarakat Sumut Parlindungan Purba Melayat ke Rumah Duka Pemimpin Umum Harian SIB
Panitia Pembangunan HKBP Sudirman dan PSPI Medan Melayat ke Rumah Duka Pemimpin Umun Harian SIB
komentar
beritaTerbaru