Kamis, 18 Juli 2024

DPRD SU Desak BPJT dan PT Jasa Marga Fungsikan Jalan Tol Tebingtinggi - Pematangsiantar

Firdaus Peranginangin - Rabu, 05 Juni 2024 19:47 WIB
454 view
DPRD SU Desak BPJT dan PT Jasa Marga Fungsikan Jalan Tol Tebingtinggi - Pematangsiantar
Foto Dok/Firdaus
Viktor Silaen SE MM.
Medan (harianSIB.com)
Anggota Komisi D DPRD Sumut Viktor Silaen SE MM mendesak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga segera memfungsikan jalan tol jurusan Tebingtinggi - Kota Pematangsiantar, mengingat daerah itu merupakan jalur padat arus lalu-lintas saat ini.

"Berdasarkan informasi yang kita peroleh dari Kementerian PUPR di Jakarta, jalan tol jurusan Tebingtinggi - Kota Pematangsiantar sudah lama selesai dibangun, tapi hingga kini belum dioperasionalkan, " tandas Viktor Silaen kepada wartawan, Rabu (5/6/2024) di DPRD Sumut.

Namun, ujar Viktor, pihaknya tidak mengetahui secara pasti apa penyebab belum difungsikan jalan tol tersebut, sehingga Komisi D DPRD Sumut yang membidangi pembangunan akan mengundang PT Jasa Marga dalam rapat dengar pendapat, untuk mempertanyakan apa kendala belum difungsikannya jalan tol dimaksud.

Baca Juga:

Seperti diketahui, tambah Viktor, masyarakat penggunaan jalan tol sangat mengharapkan, agar jalan bebas hambatan itu bisa segera dioperasikan, mengingat jalur Tebingtinggi - Pematangsiantar tergolong sangat padat arus lalu-lintas serta rawan kemacetan, sehingga sangat mendesak untuk segera dibuka.

"Lagi pula, kalau jalan tol tersebut tidak segera dimanfaatkan, sangat merugikan keuangan negara, sebab untuk membangunnya dibutuhkan investasi yang sangat besar," tandas Viktor sembari mendesak BPJT Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga segera menyampaikan ke publik penyebab belum dioperasionalkan jalan tol dimaksud.

Baca Juga:

Menurut anggota dewan Dapil Tapanuli ini, manfaat jalan tol dimaksud sangat penting bagi masyarakat, guna memperlancar arus lalu lintas di daerah yang telah berkembang, meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa serta guna menunjang pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, tandas Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, juga meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan serta meringankan beban dana pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan, sehingga sangat diperlukan segera dioperasionalkan jalan bebas hambatan tersebut.(**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPRD SU Minta Penegak Hukum Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Hutan Lindung di Danau Toba
Ketua DPRD SU Desak KPID Tingkatkan Pengawasan Jelang Pilkada
Proyek IPA Kapasitas 900 Liter/Detik di Johor dan Pulo Brayan Rencana Selesai Desember 2024
Pemerhati Pembangunan Datangi 9 Fraksi DPRD SU Minta Lanjutkan Proyek Multiyears Rp2,7 Triliun
Ketua DPRD SU Dorong PB PON XXI Libatkan Mahasiswa Meriahkan Perhelatan PON XXI Sumut - Aceh
DPRD SU Ingatkan Rekanan Waspadai Makelar Proyek Cari Mangsa Jelang Tender Proyek
komentar
beritaTerbaru