Senin, 15 Juli 2024

Taman Hiburan Genting Highlands Malaysia Terbakar

Rido Sitompul - Sabtu, 15 Juni 2024 19:56 WIB
1.889 view
Taman Hiburan Genting Highlands Malaysia Terbakar
(Foto Dok/Kosmo)
Taman Hiburan Genting Highlands di Malaysia terbakar.
Medan (harianSIB.com)
Kebakaran melanda Taman Hiburan Genting Highlands di Malaysia pada Jumat, 14 Juni 2024. Akibat peristiwa itu, para pengunjung dievakuasi karena kobaran api menimbulkan kepulan asap hitam.

Melansir liputan6, Sabtu (15/6/2024), rekaman kejadian yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan api berkobar dari pusat perbelanjaan SkyAvenue di area Central Park di Genting SkyWorlds Theme Park.Pengunjung menggambarkan kepanikan mereka ketika api menyebar, dan beberapa di antaranya mengaku khawatir gedung itu akan runtuh.

Seorang turis bernama Hafiz Abdul Halim (42), yang berada di tempat kejadian bersama istrinya, mengaku ketakutan saat menyadari ada kebakaran di dalam gedung. "Kami jelas panik mendengar orang-orang mulai berteriak di sana-sini," katanya.

Baca Juga:

Ia menyambung, "Polisi yang bertugas meminta orang-orang mengevakuasi tempat itu dan keluar ke lokasi yang lebih aman." Asisten restoran Adrian Wong (32) mengatakan, staf dan pengunjung diminta mengosongkan tempat tersebut.

"Semua orang berhasil keluar. Mereka mengosongkan tempat dan meninggalkan segalanya untuk menyelamatkan diri mereka," katanya, seraya menambahkan bahwa semua lantai dievakuasi demi alasan keselamatan.

Baca Juga:

Resorts World Genting mengatakan dalam pernyataan di situsnya bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 16.30, waktu setempat, dan evakuasi segera dilakukan. Selain SkyAvenue, area resor lain tidak terdampak kebakaran, tambahnya.

Seorang pembaca CNA mengatakan bahwa ia bersama orang lain sedang pijat di SkyAvenue ketika mal dievakuasi. Evakuasi berjalan tertib dan api dapat dipadamkan pukul 18.55, kata pengguna Facebook See Li Min.

Pelanggan lain bernama Hazel mengatakan padaCNAbahwa ia dievakuasi ke hotelnya sekitar pukul 16.50 setelah melihat kebakaran di sebuah restoran. Iamenambahkan bahwa taman hiburan luar ruangan juga terdampak peristiwa tersebut.

Outlet berita lokal Kosmo sebelumnya melaporkan bahwa lebih dari lima ribu orang dievakuasi, dan beberapa di antaranya berada dalam keadaan panik. Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pahang mengatakan dalam pernyataan awal bahwa mereka disiagakan pukul 16.55 dan personel tiba di lokasi sekitar lima menit kemudian.

Api bermula dari lantai dua sebelum menjalar ke lantai empat gedung.Direktur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pahang Wan Mohamad Zaidi Wan Isa mengatakan dalam pembaruan selanjutnya bahwa kobaran api dapat dikendalikan pukul 18.30, tanpa ada korban.

Sebanyak 21 personel dikerahkan dari pos pemadam kebakaran di Genting, Bentong, dan Janda Baik menuju lokasi kejadian.

"Truk pemadam kebakaran tiba sekitar pukul 17.01. Petugas pemadam kebakaran menggunakan dua selang sepanjang 200 kaki dan dua nozel dari hidran pemadam kebakaran untuk memadamkan api," ucapnya. (*)

Editor
: Rido Sitompul
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dua Rumah Ludes Terbakar di Desa Suka Karo, Kerugian Rp500 Juta
Satu Unit Rumah Adat Batak Hangus Terbakar di Pardomuan Nauli Samosir
Polresta Deliserdang Tangkap Peredaran Narkoba dari Malaysia, 24 Kg Sabu Disita
Ban Pesawat Boeing 737 Pecah dan Terbakar Sebelum Lepas Landas di Florida
Ban Pesawat Terbakar, American Airlines Batal Terbang
Dipicu Masalah Keluarga, Seorang Anak Bakar Rumah Ibunya di Teluk Nibung
komentar
beritaTerbaru