Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Tortor Kreasi Batik Humbahas Tampil di SFW 2023

Redaksi - Senin, 20 November 2023 20:22 WIB
381 view
Tortor Kreasi Batik Humbahas Tampil di SFW 2023
(Foto: Dok/Kominfo)
TORTOR: Tortor Kreasi Batik Humbang Hasundutan (Humbahas) yang diperagakan Sanggar Seni Maduma dalam acara SFW 2023 di  Sun Plaza, Medan, Sabtu (18/11). 
Humbahas (SIB)
Tortor Kreasi Batik Humbang Hasundutan (Humbahas) ditampilkan dalam acara Sumatera Utara (Sumut) Fashion Week (SFW) 2023, di Sun Plaza, Medan, Sabtu (18/11).
Tari atau tortor yang diperagakan Sanggar Seni Maduma itu, terinspirasi dari wanita-wanita Humbahas yang kreatif dalam mengolah kain dalam seni kriya.
Secara koreografi tarian batik Humbahas ini menggambarkan kegiatan membatik yang dipadukan dengan gerakan-gerakan tortor Batak dikreasikan. Koreografer tari ini diciptakan Hestyoni Lase dan penata musik Christopel Hutahaean (band Seraphiim).
SFW 2023 yang berlangsung selama 5 hari itu (15-19 November 2023) diikuti lebih dari 63 desainer lokal, termasuk dari luar Sumatera Utara.
Kabupaten Humbahas pun ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Hadir dalam SFW itu, Ketua Dekranasda Humbahas Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumut, Yuni Pohan dan lainnya.
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin saat membuka SFW, Rabu (15/11) lalu mengatakan sangat mendukung industri kreatif Sumut terus berkembang, sehingga semakin dikenal di pasar internasional. Sebab Sumut dikenal kaya akan seni kriya, terutama kain berpotensi besar untuk punya pasar bagus di dunia internasional. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan terus mendukung pengembangan kriya Sumut.
”Kita akan dukung melalui kebijakan-kebijakan yang membantu industri kreatif kita lebih berkembang lagi, karena industri kreatif pengaruhnya cukup besar menopang ekonomi kita. Industri kreatif terus berinovasi dalam mengembangkan karya-karyanya termasuk berinovasi untuk pemasaran. Ini dibutuhkan agar produk-produk kriya, terutama fesyen menarik perhatian di dalam dan luar negeri. Seperti saat ini, produk-produk hasil inovasi yang luar biasa bagusnya, tetap mempertahankan instrumen utama budaya kita, tetapi tetap modern, teruslah berinovasi,” tambah Hassanudin. (G3)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
KRT Tohom Purba Rilis “Tortor Pariban”
Tortor Arbab Para Gembala - PPr HKI Memesona Publik
Polres Pematang Siantar Berangkatkan Tim Tari Tortor Somba Simalungun ke Istana Maimun
Tarian Tortor Getarkan Melbourne, 1.000 Peserta Bergoyang di Outdoor Festival Indonesia
Kunker Kapolres Tebingtinggi ke Polsek Sipispis Disambut Tortor Sombah
Ganjar Pranowo Disambut Tortor di Pesantren Al Kautsar Medan
komentar
beritaTerbaru