Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Budidaya Ikan Air Tawar Potensial di Kabupaten Asahan

Redaksi - Jumat, 23 Februari 2024 17:18 WIB
179 view
Budidaya Ikan Air Tawar Potensial di Kabupaten Asahan
(Foto SIB/Dok /Awaluddin)
Penyerahan : Penyerahan pembiayaan kegiatan usaha produktif sektor perikanan air tawar dari PT IPS kepada Pokdakan Mekar Jaya dan Cahaya Kuala Asahan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Selasa (20/2).
Kisaran (SIB)
Sektor perikanan air tawar sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Asahan, sebagai salah satu kegiatan usaha produktif masyarakat di bidang perikanan. Menyadari hal tersebut, PT Inti Palm Sumatra (PT IPS), salah satu perusahaan perkebunan swasta di Asahan mendukung pengembangan potensi tersebut.
"Sektor perikanan air tawar ini akan kita jadikan sebagai kegiatan usaha produktif," ungkap Riduan selaku perwakilan PT IPS saat penyerahan secara simbolis dana pembiayaan kegiatan usaha produktif sektor air tawar di Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Selasa (20/2).
Riduan mengatakan, pembiayaan kegiatan usaha produktif sektor air tawar tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) PT IPS Fase 1.
Untuk saat ini, pihaknya menyalurkan pembiayaan usaha produktif di bidang perikanan air tawar untuk pertama kali kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mekar Jaya di Desa Seisilau Timur dan Pokdakan Cahaya Kuala Asahan di Desa Seidua Hulu.
"Kami berharap pembiayaan yang diberikan dapat digunakan dengan baik dalam membantu pengembangan usaha," ungkap Riduan yang didampingi Penasehat Hukum Sumantri dan Legal J Bancin.
Sementara itu, Suparman selaku penerima manfaat dari program yang dilaksanakan PT IPS mengucapkan terimakasih dan akan memanfaatkan pembiayaan tersebut dalam melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar. "Terima-kasih, kami akan lebih fokus lagi untuk pengembangan sektor perikanan air tawar," ungkapnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan Umar Simangunsong mengapresiasi PT IPS, dan berharap langkah yang diambil perusahaan perkebunan itu bisa diikuti perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Asahan sebagai bentuk kewajiban perusahaan melalui program FPKM.
"Kami berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Asahan," harap Umar Simangunsong.
Pada hari yang sama, PT IPS juga melakukan acara seremonial penanaman perdana kebun plasma dan ini merupakan program kerjasama bersama Koperasi Harapan Baru Bersama Sei Kepayang. Acara seremonial tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Asahan beserta Forkopincam Sei Kepayang.
Dalam sambutan acara tersebut, Kades Perbangunan Arinton Sihotang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena memberikan efek positif bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Perbangunan.
“Penanaman perdana ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) PT.IPS Fase 2, kami harap dengan terwujudnya Kebun Plasma PT.IPS ini dapat memberikan manfaat yang positif," ungkap Edi selaku perwakilan perusahaan disela-sela acara seremonial penanaman perdana Kebun Plasma PT IPS. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolres Asahan Terima Kunjungan Silaturahmi Pengurus GM GRIB JAYA
GEMPUR Asahan Ingatkan Bupati Bersikap Netral di Pilkada
Panitia Paskah Oikumene Kabupaten Asahan dan Pengurus BAMAG Periode 2024-2028 Dilantik
Pemprov Sumut Bersama eFishery Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar
DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringati Hari Jadi ke-78 Asahan
Mubes ke-2 Bamag Kabupaten Asahan 2024 Berjalan Sukses
komentar
beritaTerbaru