Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Pj Bupati Palas Berikan Makanan Tambahan kepada Anak Berisiko Stunting

Redaksi - Jumat, 05 April 2024 19:49 WIB
398 view
Pj Bupati Palas Berikan Makanan Tambahan kepada Anak Berisiko Stunting
(FotoSIB/Robert Nainggolan)
Pj Bupati Padanglawas Dr Edy Junaedi SSTP MSi menyampaikan bantuan makanan tambahan kepada anak stunting di Aula Kantor Bupati Palas. Rabu (3/4) 
Padanglawas (SIB)
Pj Bupati Padanglawas Dr Edy Junaedi SSTP MSi memberikan bantuan makanan tambahan tahap 1 terhadap anak dan keluarga berisiko stunting melalui Bapak Asuh Anak Stunting dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di aula Kantor Bupati Padanglawas. Rabu (03/04).
Bantuan makanan tambahan dijadwalkan diberikan dalam tiga tahap. Pada tahap 1 ini diberikan kepada 30 anak stunting dengan rincian lima anak dari Kecamatan Barumun, 10 anak dari Kecamatan Barumun Selatan, delapan anak dari Kecamatan Ulu Barumun dan tujuh anak dari Kecamatan Lubukbarumun.
Pj Bupati Palas mengatakan bantuan tambahan makanan disampaikan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Padanglawas terhadap anak stunting dan keluarga berisiko stunting.
Berdasarkan hasil pengukuran bulan Agustus 2023 dari balita diukur 19.346 anak, terdapat 1.223 anak stunting. Untuk keluarga berisiko stunting (KRS) sebanyak 26.097 keluarga, dominan permasalahan karena jamban yang tidak layak sebanyak 10.520 keluarga dan ibu hamil terlalu banyak yakni 16.473 jiwa sehingga perlu dilakukan intervensi sensitif agar tidak melahirkan anak stunting baru.
"Nantinya akan dilakukan intervensi spesifik bagi seluruh anak stunting, PMT Lokal 90 hari melalui dinas kesehatan, tahun ini ada berapa yang harus di berikan solusi jadi jangan sampai kita terlena. Maksudnya tidak hanya mengendalikan dari pihak lain dari sektor dunia usaha, kita juga ingin memastikan bahwa dari pemerintah langsung akan memberikan hal yang sama," kata Pj Bupati Palas menekankan.
Pj Bupati Palas berpesan ke depannya para orang tua paham terhadap pola asuh yang baik, serta aktif hadir ketika pelayanan Posyandu untuk memastikan tumbuh kembang anak sesuai umurnya dan menjadi penggerak cegah satunting di desanya berdomisili.
Turut hadir dalam acara ini Sekdakab Palas, Arpan Nst Ssos, Ketua Baznas H. Paraduan Tanjung, Pabung Kodim TS Ahahar Jusar, Kepala Dinas (DP2KB, P3A3), Kepala Dinas Kesehatan, Kasat Pol PP dan Damkar serta para undangan lainnya. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemkab Simalungun Targetkan Angka Prevalensi Stunting Turun Hingga 14 Persen
Cegah Stunting, Pelindo Gelar Edukasi Gizi Terhadap 218 Ibu Hamil
Kecamatan Namorambe Laksanakan Intervensi Penurunan Stunting di Balai Desa Jatikesuma
Labuhanbatu Masuk Nominasi 10 Besar Lomba Inovasi Daerah Tekan Stunting Tingkat Sumut
Plt Bupati Labuhanbatu Ikuti Kick Off Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting
Percepat Turunkan Stunting, Pemprov Sumut Aktivasi dan Optimalisasi Posyandu 100%
komentar
beritaTerbaru