Minggu, 23 Juni 2024 WIB

BBPJN Sumut Didesak Perbaiki Jalan Nasional Medan-Kutacane Km 156 "Hancur-lebur"

Firdaus Peranginangin - Sabtu, 25 Mei 2024 15:40 WIB
634 view
BBPJN Sumut Didesak Perbaiki Jalan Nasional Medan-Kutacane Km 156 "Hancur-lebur"
Foto: Dok/Firdaus
Salmon Sumihar Sagala
Medan (harianSIB.com)
Anggota DPRD Sumut Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Salmon Sumihar Sagala mendesak Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumut segera memperbaiki jalan nasional KM 156 jurusan Medan-Kuta Cane, tepatnya di Dusun Arimas Desa Perbulan, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, yang kondisinya "hancur-lebur".

"Jangan biarkan jalan nasional Medan- Kutacane, khususnya di KM 156 hancur-lebur dan menaikan korban. BBPJN Sumut sebaiknya gerak cepat melakukan perbaikan, karena sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan," tegas Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Sabtu (25/5/2024), melalui telepon dari Jakarta.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, pihaknya sangat miris melihat kondisi jalan nasional yang kerusakannya begitu parah dibarengi dengan lubang besar serta genangan air, yang tentunya sangat membahayakan pengguna jalan.

Baca Juga:

"Benar-benar sangat memprihatinkan, di era sekarang ini masih ada jalan nasional yang kondisinya seperti jalan ke areal perladangan yang berlumpur dan berlubang, seperti kubangan kerbau. Di sini kita mengingatkan BBPJN segera turun tangan melakukan perbaikan, guna memudahkan akses dari Medan ke Kutacane maupun sebaliknya," tandas anggota Komisi A ini.

Sebelumnya diberitakan harianSIB.com, (24/5/2024), kondisi ruas jalan nasional KM 156 jurusan Medan-Kuta Cane, tepatnya di Dusun Arimas, benar-benar sangat memprihatinkan, karena penuh dengan lubang serta tergenang air.

Baca Juga:

Para pengguna jalan, tandas Salmon Sagala, baik pengendara motor roda empat dan roda dua harus ekstra hati-hati melintasinya, agar jangan sampai terjerembab ke lubang besar. Sebab, sudah banyak pengendara sepeda motor terjatuh dan terperosok ke dalam lubang.

Berdasarkan laporan masyarakat ke lembaga legislatif, ujar Salmon, penyebab rusaknya jalan disertai genangan air, akibat gorong-gorong tumpat, sehingga air meluap ke bahu jalan dari anak Sungai Bekerah Arimas, sehingga sangat mendesak adanya perhatian BBPJN agar keluhan rakyat bisa diatasi secepatnya.

"Jika hujan turun, bahu jalan berubah menjadi sungai, sehingga kendaraan yang melintas, secara khusus becak bermotor dan sepeda motor harus menghindari lubang di badan jalan agar tidak terjadi kecelakaan atau terjatuh," tegas Salmon.

Berkaitan dengan itu, mantan anggota DPRD Karo ini, mendesak BBPJN segera turun ke lokasi melakukan perbaikan jalan yang hancur guna mengatasi keresahan masyarakat serta menghindari jatuhnya korban di jalan yang berlubang dan berlumpur.(**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPRD SU: Jalan Alternatif Berastagi - Ajisiempat - Tigapanah Karo Lima Tahun "Hancur-lebur"
DPRD SU Minta Masyarakat Segera Daftarkan KTP dan KK Syarat Pembelian Tabung Gas 3 Kg
Massa Buruh Unjuk Rasa ke Depan Gedung DPRD SU Desak Pemerintah Cabut Tapera
Cegah Bullying, Jaksa Masuk Sekolah di SMK Negeri 1 Merdeka Karo
Kajari Karo Minta Insan Media Bersinergi dalam Penegakan Hukum
Warga Karo Apresiasi Perbaikan Gorong-gorong di Tanjung Gunung
komentar
beritaTerbaru