Senin, 15 Juli 2024

Usaha Binaan Asian Agri di Tebingtinggi, Keripik Pisang Kepok Keling Sudah Diekspor ke Malaysia

Ir Parluhutan Simarmata - Rabu, 10 Juli 2024 18:49 WIB
321 view
Usaha Binaan Asian Agri di Tebingtinggi, Keripik Pisang Kepok Keling Sudah Diekspor ke Malaysia
(Foto: SNN/Dok)
Ibu Budiarti, pengelola usaha keripik pisang kepok keling di Tebingtinggi binaan Asian Agri.
Tebingtinggi (harianSIB.com)
Keripik pisang kepok keling Tebingtinggi sudah tidak asing lagi dan sudah sering dikonsumsi masyarakat. Rasanya yang gurih dan renyah membuat keripik pisang jajanan ini disenangi hampir semua kalangan.

Sehingga jangan heran jika usaha keripik pisang kepok keling "Archila" yang berada di Kelurahan Padang Merbau, Kecamatan Padang Hulu, Tebingtinggi ini, sudah dijual di berbagai supermarket dan minimarket. Tidak hanya di Tebingtinggi, tetapi pemasarannya juga sudah sampai ke Asahan, Simalungun, Pematangsiantar dan daerah lainnya di Sumut.

Semangat Ibu Budiarti mengelola usaha keripik ini patut diacungi jempol. Usaha dimulainya tahun 2016 lalu, tetapi selalu berupaya meningkatkan kualitas keripik pisang dan pisang saleh yang diproduksinya hingga dilirik eksportir dan sudah beberapa kali diekspor ke Malaysia.

Baca Juga:

Tidak tanggung-tanggung, keripik produksinya juga terus meningkat. Kini setiap bulan mampu memproduksi 2-3 ton keripik pisang, pisang saleh dan keripik nangka. Bahkan menjelang lebaran lalu, produksinya mencapai 7 ton keripik pisang dan pisang saleh, jelas Ibu Budiarti sumringah kepada jurnalis SNN (SIB News Network), Rabu (10/7/2024).

Menurut Budiarti, keberhasilan usaha keripik pisang yang dikelolanya tidak terlepas dukungan pembinaan dan bantuan dari Pemko Tebingtinggi. Selain itu, kata Ibu Budiarti, dia secara khusus juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan perkebunan sawit Asian Agri yang sudah banyak membantu kemajuan usaha ini.

Baca Juga:

Sebagai usaha kecil di sekitar kebun Asian Agri, yaitu Kebun Bahilang, Sergai, maka perusahaan melihat keseriusan Ibu Budiarti berusaha sehingga tergerak membantu lewat program CSR (Coorporate Social Responsibility). Selain membantu proses pengemasannya (packaging), juga membantu penyediaan etalasenya.

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sat Brimob Den B Tebingtinggi Gelar Patroli Pengamanan di GBKP Sei Segiling
Research & Development Centre Kelapa Sawit Asian Agri, Bahilang Periksa 50.000 Sampel Setiap Tahun
Suplai Air ke Masyarakat Berkurang, Pj Wali Kota Tebingtinggi Minta PDAM Segera Perbaiki
Tabrak Belakang Dump Truk di Sergai, Sopir Mobil Penumpang Umum Tewas di Tempat
Generasi Muda Harus Tingkatkan Pemahaman Bela Negara
Al-Ittihadiyah Tebingtinggi Diharapkan Mampu Merajut Ukhuwah Wujudkan Pilkada Damai dan Sukses
komentar
beritaTerbaru