Kamis, 18 Juli 2024
Hadiri Pelantikan Pengurus Pasaribu se Indonesia

Gubernur Edy Rahmayadi Ajak Marga Pasaribu Galakkan Kembali Konsep Marsipature Hutanabe

Redaksi - Senin, 28 Agustus 2023 17:27 WIB
254 view
Gubernur Edy Rahmayadi Ajak Marga Pasaribu Galakkan Kembali Konsep Marsipature Hutanabe
(Foto SIB/ Dok Panitia)
SAMBUT: Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Pasaribu se Indonesia (PPRPI) Dr Benny Pasaribu didampingi Ketua PPRPI Kota Medan Dr Dompak Pasaribu, Kisharianto Pasaribu menyambut kedatangan  Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pasa acara Partangian
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengajak puta-putri marga Pasaribu yang tergabung dalam Punguan Pomparan Raja Pasaribu Indonesia (PPRPI) menggalakkan kembali konsep pembangunan ‘Marsipature Hutanabe’. Karena konsep tersebut merupakan salah satu keunggulan Sumut, yang ingin menjadikan putra-putri daerah sebagai orang terdepan untuk pembangunan daerahnya.
"Ada pepatah suku Batak ‘Marsipature Hutanabe’, di mana pun Pasaribu, pasti tahu kampungnya, walau mereka saat ini ada di Jakarta, Belanda, hingga Sabang sampai Merauke, tapi mereka harus tahu asal usul nenek moyang mereka ada di Sumatera Utara. Kita harapkan mereka sukses di perantauan untuk pulang ke kampung, bangunlah kampung nenek moyang kita," kata Edy Rahmayadi saat menghadiri Partangiangan Bolon PPRPI di Pardede Hall, Jalan DR TD Pardede Medan, Minggu (27/8).
Dia menjelaskan, marga yang dimilki masyarakat Sumut merupakan sebuah identitas memperkuat ikatan keluarga yang erat. Inilah kebesaran Sumut, ada stempel marga yang membuat sebuah ikatan yang kokoh dan pemersatu untuk saling memberikan dukungan.
Dikatakannya juga, Pemprov Sumut memiliki banyak program pembangunan, baik pertanian, peternakan dan kehutanan, yang bisa dikolaborasikan dengan PPRPI, sehingga Sumut ini bisa terus maju. "Kita ada DPR, DPRD dan DPD, ayo sama-sama kita bergandengan tangan, kita besarkan kampung kita ini, " harap Edy.
Edy Rahmayadi mengungkapkan bahwa dia juga bagian dari marga Pasaribu. Karena bapa tuanya (abang bapaknya) menikah dengan boru Pasaribu, dia juga berbesan dengan marga Pasaribu. Istrinya (Ketua Tim penggerak PKK Sumut adalah boru Lubis (Nawal Lubis) yang juga masih ada kaitan dengan marga Pasaribu.
Sementara Ketua PPRPI Sahala Benny Pasaribu mengatakan, PPRPI merupakan sebuah organisasi yang berfokus pada kemasyarakatan. “Perkumpulan keturunan Raja Pasaribu ini umumnya kita fokus kepada kerakyatan, tadi kita secara simbolis memberi bantuan dana pendidikan kepada 50 anak, bertahap dan juga kita akan membangun UMKM," jelasnya.
Dia juga berharap, hadirnya organisasi ini bisa menjadi mitra pemerintah, seperti apa yang disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, untuk kembali membangun kampung halaman. "Saya kira kampung Pasaribu ada dimana-mana, nenek moyang kami hidup berpindah-pindah. Mereka membuka lahan, membangun kerajaan. Jadi kalau Pasaribu kembali ke kampungnya masing-masing diharapkan bisa ikut memajukan Sumut ," ujarnya.
Pada kesempatan itu, Dewan Penasehat PPRPI se Indonesia mengukuhkan Dr Ir Benny Pasaribu MEc menjadi Ketua Umum DPP PPRPI se Indonesia yang ditandai dengan penyerahan pataka. Benny Pasaribu dan istri boru Simatupang dibulang-bulangi dengan seperangkat pakaian adat Batak dan tongkat tunggal panaluan. Selanjutnya, Benny Pasaribu melantik kepengurusan DPP PPRPI untuk membantunya dalam menggerakkan roda organisasi. (A5/c)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ijeck: Konsep Marsipature Hutanabe Perlu Digelorakan Kembali
Ketua DPRD SU dan Gubernur Sidak Proyek Multiyears Rp 2,7 T Paket Jalan Sejajar Medan-Berastagi
Gubernur Sumut Lepas Seribuan Jemaat Ikuti Jalan Santai HUT ke-111 HKBP Sudirman
Edy Rahmayadi Lantik 155 Pejabat Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Kepsek
Edy Rahmayadi Hadiri Wisuda Institut Deli Husada Delitua
Gubernur Salat Subuh Bersama Masyarakat di Masjid Agung Labuhanbatu
komentar
beritaTerbaru