Rabu, 19 Juni 2024 WIB

DPRD SU Kaget Masih Banyak Jalan Antar Dusun di Tanah Pinem Dairi Rusak Parah

* Jangan Sampai Masyarakat Dianaktirikan dalam Pembangunan
Redaksi - Rabu, 20 Desember 2023 11:16 WIB
399 view
DPRD SU Kaget Masih Banyak Jalan Antar Dusun di Tanah Pinem Dairi Rusak Parah
Foto: Ist/harianSIB.com
Salmon Sumihar Sagala
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala mengaku kaget, ternyata masih banyak kondisi jalan penghubung antar dusun di Desa Sukadame, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi dalam kondisi rusak parah, sehingga sangat mengganggu roda perekonomian masyarakat daerah itu.

"Kita sempat kaget membaca berita SIB, Senin (18/12) terkait akses jalan antar dusun di Desa Sukadame (Dusun Juma Batu, Dusun Pamah Sileplep, Dusun Pinem dan Dusun Rambah Telko) mengalami rusak parah, sehingga sangat meresahkan masyarakat," ujar Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Selasa (19/12) di Medan.

Padahal, tambah politisi PDI Perjuangan ini, di sejumlah kabupaten/kota di Sumut, semenjak digulirkannya dana desa, jalan ke areal pertanian pun sudah bagus dan dicor beton, sehingga memudahkan masyarakat dalam melangsir atau mengangkut hasil-hasil pertaniannya.

"Tapi ternyata di Desa Sukadame menuju empat dusun, kondisinya sangat memprihatinkan. Masih banyak jalan tanah dan jalan yang sudah diaspal sudah seperti jalan tanah, karena sudah lama tidak tersentuh pembangunan," tandas Salmon Sagala.

Dari penjelasan masyarakat Desa Sukadame Josef Putra Kaban kepada wartawan, Senin (18/12), akses jalan di desa dan dusun di Sukadame, jarang mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga kondisi sarana penghubung tersebut "hancur-lebur".

"Padahal, kalau dilihat dari jumlah penduduk di Desa Sukadame mencapai 700 kepala keluarga (KK) dengan penghasilan utama dari sektor pertanian, sehingga tetap mengalami kendala jalan rusak, dalam memasarkan hasil pertaniannya ke ibukota kecamatan maupun kabupaten," tandas anggota Komisi A ini.

Berkaitan dengan itu, mantan anggota DPRD Karo ini mendesak Pemkab Dairi Cq Dinas Pekerjaan Umum segera turun tangan melakukan perbaikan jalan antar dusun di Desa Sukadame, guna mempermudah akses masyarakat serta memperlancar roda perekonomian masyarakat.

"Masyarakat baru bisa maju jika sarana penghubung antar desa dan dusun bagus. Di sini perlu perhatian serius dari Pemkab Dairi, jangan sampai masyarakat menganggap merasa dianaktirikan dari segi pembangunan, apalagi masyarakat lebih sering menjual hasil pertaniannya ke Kabupaten Karo, mengingat jalan ke daerah itu lebih baik," tandas Salmon Sagala. (**)




SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jalan Dewi Sartika Rantauprapat Semakin Parah
Parkir Berlangganan Bermanfaat Bagi Pemko dan Masyarakat
Ama Anugrah Parade Koor untuk Dana Pembangunan HKBP Simalingkar B
Hampir Setahun Longsor, Jalan Provinsi di Bahbiru Simalungun Tak Kunjung Diperbaiki
Dilepas Danrem, Kapolres Pematangsiantar Ikuti Jalan Santai dan Senam Aerobik HUT ke 62 Korem 022/PT
Jalan Provinsi Ruas Tugu Ikan Sibuluan-Aek Horsik Tapteng Diperbaiki Tahun ini
komentar
beritaTerbaru