Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Ketua DPRD SU Dorong Transformasi Digital Wujudkan Keunggulan Ekonomi Sumut

* Potensi Pertanian, Perikanan, Perkebunan Harus Terintegrasi dengan Transformasi Digital
Redaksi - Selasa, 06 Februari 2024 17:38 WIB
142 view
Ketua DPRD SU Dorong Transformasi Digital Wujudkan Keunggulan Ekonomi Sumut
Foto: Ist/harianSIB.com
Drs Baskami Ginting 
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendorong upaya transformasi digital dalam mewujudkan keunggulan ekonomi Sumut demi mencapai kesejahteraan masyarakat serta peningkatan pembangunan yang maksimal.Hal tersebut disampaikan Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (5/2), di DPRD Sumut seusai mengikuti Forum Group Discussion (FGD) "Strategi Transformasi Digital untuk Pengendalian Inflasi dalam mewujudkan Ketahanan Nasional" di Pemprov Sumut.

"Transformasi digital harusnya tidak hanya meliputi pelayanan publik saja, akan tetapi juga harus meliputi pertanian, UMKM, pendidikan, kesehatan, logistik dan pariwisata. Sehingga, selain sebagai akselerator dan fasilitator, juga pemanfaatan teknologi digital guna mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital," katanya.Baskami menegaskan, potensi pertanian, perikanan, perkebunan yang besar harus terintegrasi dengan transformasi digital, sehingga tercapai efisiensi dan efektifitas bahan baku, guna mendorong tingkat produktifitas serta penetrasi di pasar.

Di bidang UMKM misalnya, tambah Baskami, digitalisasi mampu memperbesar skala ekonomi UMKM, menambah varian dan kontinuitas produk serta memperluas akses pembiayaan. "Pariwisata kita juga harusnya menggeliat dengan adanya transformasi digital yang berkelanjutan ini, mengingat Sumut memiliki banyak destinasi wisata super prioritas," ungkapnya.

Selain itu, ujar politisi PDI Perjuangan Sumut ini, transformasi digital juga sangat efektif mewujudkan konektivitas antar daerah di Sumut. Misalnya ada satu daerah di Sumut mengalami over supply komoditas cabai, sementara yang lain mengalami kelangakaan cabai, dengan konektivitas itu, masalah cabai bisa ditindaklanjuti.

Berkaitan dengan itu, ujar Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut ini, untuk mencapai transformasi digital, pembangunan harus dilakukan beriringan, sehingga di saat bersamaan harus bisa mengadopsi teknologi dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM).(**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Petani Terdaftar di e-RDKK Berhak Terima Pupuk Bersubsidi
Workshop SPS Sumut, Ijeck: Kita Rawat Bersama Media Sehat dan Bertanggungjawab
PSU di Samosir dan Nisel Bakal Digelar 29 Juni 2024
Farianda Putra Sinik Harap Pj Gubernur Hassanudin Rangkul Media Sukseskan Pilkada Serentak di Sumut
Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Satlantas Polres Sergai, Kapolda: 120-130 Orang Meninggal di Jalan dalam Sebulan
Idul Adha 1445 H, Kajati Sumut: Kurban juga Bentuk Kepedulian terhadap Sesama
komentar
beritaTerbaru