Rabu, 17 Juli 2024

DPRD SU Prihatin Jalan Provinsi Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras Simalungun Hancur-lebur

Firdaus Peranginangin - Kamis, 30 Mei 2024 20:36 WIB
300 view
DPRD SU Prihatin Jalan Provinsi Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras Simalungun Hancur-lebur
Foto Dok/Firdaus
Salmon Sumihar Sagala.
Medan (harianSIB.com)
Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala mengaku sangat prihatin melihat kondisi jalan provinsi menuju Danau Toba Tigaras persisnya di Dusun Saragiras dan Batu Marandor Nagori Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun hancur lebur dan sulit dilalui kendaraan.

"Benar-benar sangat memprihatinkan kondisi jalan provinsi di Sumut, belum lagi selesai masalah proyek pembangunan jalan dan jembatan provinsi berbiaya Rp2,7 triliun. Kini satu per satu jalan provinsi kembali hancur-lebur," ujar Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Kamis (30/5/2024) melalui telepon di Medan.

Salmon mencontohkan jalan provinsi menuju Danau Toba Tigaras persisnya di Dusun Saragiras dan Batu Marandor Nagori Tigaras, di sepanjang jalan mulai dari Sipintuangin sampai Tigaras kondisinya benar-benar rusak parah, sehingga sangat meresahkan pengguna jalan.

Baca Juga:

"Sebagai akses jalan menuju destinasi objek wisata Danau Toba Tigaras, seharusnya jalan tersebut diprioritaskan penanganannya, agar pengguna jalan, terutama wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba bisa nyaman melintas," tandas politisi PDI Perjuangan ini.

Apalagi jalan tersebut saat-saat hari besar dan hari pekan, tambahnya, sangat ramai dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga sangat tidak layak, jika kerusakan parah tetap dibiarkan, sebab sangat mengganggu kenyamanan masyarakat.

Baca Juga:

Berkaitan dengan itu, Salmon Sagala mendesak Dinas PUPR Sumut bergerak-cepat melakukan perbaikan, demi kenyamanan masyarakat dan arus wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba sebagai andalan objek wisata Sumatera Utara.

"Jangan gara-gara infrastruktur jalan yang hancur-hancuran, arus kunjungan wisatawan ke Danau Toba jadi menurun. Ini perlu perhatian Pemprov Sumut Cq Dinas PUPR Sumut, untuk segera memperbaiki jalan provinsi yang luluh-lantak tersebut," tambah anggota Komisi A ini.

Penegasan itu disampaikan Salmon menyikapi keluhan masyarakat terkait rusaknya jalan provinsi menuju Danau Toba Tigaras persisnya di Dusun Saragiras dan Batu Marandor Nagori Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun yang sangat mengganggu arus lalu lintas, terutama arus kunjungan wisatawan.

Masyarakat berharap jalan provinsi menuju Danau Toba Tigaras ini bisa menjadi perhatian serius Pemprov Sumut untuk secepatnya diperbaiki. Apalagi saat ini kunjungan wisatawan yang melintas di jalan provinsi ini sudah semakin banyak dan meningkat, perlu dijaga kenyamanan pengguna jalan.(**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
DPRD SU Minta Penegak Hukum Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Hutan Lindung di Danau Toba
Ketua DPRD SU Desak KPID Tingkatkan Pengawasan Jelang Pilkada
Proyek IPA Kapasitas 900 Liter/Detik di Johor dan Pulo Brayan Rencana Selesai Desember 2024
Pemerhati Pembangunan Datangi 9 Fraksi DPRD SU Minta Lanjutkan Proyek Multiyears Rp2,7 Triliun
Ketua DPRD SU Dorong PB PON XXI Libatkan Mahasiswa Meriahkan Perhelatan PON XXI Sumut - Aceh
DPRD SU Ingatkan Rekanan Waspadai Makelar Proyek Cari Mangsa Jelang Tender Proyek
komentar
beritaTerbaru