Kamis, 18 Juli 2024

Pemprov Lakukan Sejumlah Langkah Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha

Danres Saragih - Rabu, 05 Juni 2024 17:42 WIB
213 view
Pemprov Lakukan Sejumlah Langkah Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha
Foto: Istimewa
Mulyadi Simatupang
Medan (SIBNews Network|SNN)
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melakukan sejumlah langkah antisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada 17 dan 18 Juni 2024.

Hal itu disampaikan Kadis Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumut, Mulyadi Simatupang, Rabu (5/6/2024) kepada SIB melalui pesan WhatsApp. Dia menjamin untuk pasokan kebutuhan aman di Provinsi Sumut.

"Ya biasanya kenaikan harga bahan pokok itu di hari besar keagamaan, termasuk Idul Adha. Itu biasanya, daging kemudian ayam broiler, telur sementara untuk beras, cabai masih memenuhi, karena kita juga menghasilkan komoditi tersebut," katanya.

Baca Juga:

Mulyadi mengungkapkan, langkah antisipasi yang akan dilakukan berupa pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok, bersama stekholder terkait hingga melakukan operasi pasar murah, untuk menekan harga komoditas yang naik.

"Kalau pasar murah selalu ada, karena memang hal seperti itu, kita melihat gejolak di masyarakat dari pantauan kita setiap hari. Kita juga bisa pantau pasar setiap hari, jadi kita bisa tahu harga-harga di atas eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah," sebutnya.

Baca Juga:

Mulyadi mengungkapkan bahwa ada sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan seperti bawang merah dan bawang putih. Tapi sudah disiapkan antisipasi hingga intervensi harga, kembali normal.

"Jadi untuk saat ini baru bawang merah dan bawang putih yang sedikit melonjak, karena pasokan dari luar terganggu. Kemudian gula juga kita masih impor, kalau pun ada itu dari Jawa, tapi kalau cabai, beras, minyak goreng itu masih stabil," sebutnya. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
2.271 PPPK Pemprov Sumut Terima SK Pengangkatan dan Tandatangani Perjanjian Kerja
Pemerintah Terus Kebut Perbaikan Kolam Renang Selayang
Proyek IPA Kapasitas 900 Liter/Detik di Johor dan Pulo Brayan Rencana Selesai Desember 2024
Ketua DPRD SU Prihatin Kondisi Anjungan Sumut di TMII DKI Jakarta Minim Fasilitas
Anggaran Perbaikan Tanggul Sungai Dalu-dalu Direalisasikan Juli ini
Jalan Provinsi Penghubung 3 Kecamatan Rusak, Masyarakat Habornas Toba Sampaikan Surat Terbuka Kepada Pj Gubernur Sumut
komentar
beritaTerbaru