Aswan Jaya : Saling Tuding Plagiasi Preseden Buruk Bagi USU


229 view
Aswan Jaya : Saling Tuding Plagiasi Preseden Buruk Bagi USU
Foto: Dok/Dr. Aswan Jaya, M.Kom.I
Dr. Aswan Jaya, M.Kom.I 
Medan (SIB)
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Dr Aswan Jaya MKom I mengatakan, terus bergulirnya saling tuding plagiasi di USU, akan menyebabkan preseden buruk bagi universitas tersebut. Terlebih lagi bagi para guru besar dan pejabat tinggi USU, dipastikan akan kehilangan kepercayaan intlektualnya di hadapan mahasiswa.

"USU merupakan universitas terbesar di Sumut, alumninya sangat dinantikan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang membangun bagi daerah ini demi kesejahteraan rakyat. Berikanlah keteladanan terhadap semua pihak, terutama para mahasiswa," ujar Aswan Jaya kepada wartawan, Rabu (13/1/2021), di DPRD Sumut.

Tapi harapan tersebut, tambah Direktur Institut Aswaja Konsultan Komunikasi dan Riset ini, sepertinya akan sirna seiring dengan terus bergulirnya saling tuding plagiasi antar guru besar dan pejabat tinggi USU pasca pemilihan rektor beberapa waktu lalu.

Berkaitan dengan itu, dosen Ilmu Komunikasi Pascasarjana UDA Medan ini menganjurkan, demi kepentingan USU dan calon alumni dan mahasiswa ke depan, sebaiknya semua pihak berlapang dada untuk menghentikan saling tuding plagiasi dan menerima proses pemilihan sesuai dengan statuta USU.

"Mari menghentikan saling tuding plagiasi dengan tindakan bijak sekaligus mencerdaskan dari kekhilafan para guru besar dan pejabat tinggi USU. Hal ini sangat penting, demi keberlangsungan mahasiswa secara khusus dan dunia pendidikan secara umum," tandas staf ahli F-PDI Perjuangan DPRD Sumut itu.

Perlu diketahui, katanya, USU kebanggan masyarakat Sumut dan tentunya tidak ingin kehilangan kepercayaan para orang tua sebagai tempat anak-anaknya menempuh pendidikan tinggi demi masa depan putra putri terbaik bangsa.(*).

Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com