Forkopincam dan Damkar Bersihkan Abu Vulkanik


396 view
Foto hariansib.com/ Camat Tigabinanga
DIBERSIHKAN: Forkopincam Tigabinanga berkerja sama dengan petugas Dinas Pemadam Kebakaran( Damkar), melaksanakan pembersihan abu vulkanik di sejumlah lokasi yang cukup parah tertutup abu vulkanik setelah Gunung Sinabung meletus pada Selasa (2/3/2021) pagi.
Tanah Karo (SIB)
Forkopincam Tigabinanga berkerja sama dengan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Tigabinanga, melaksanakan pembersihan abu vulkanik di sejumlah lokasi yang cukup parah tertutup abu vulkanik setelah Gunung Sinabung meletus, Selasa (2/3/2021) pagi.

Camat Tigabinanga Membela Tarigan SH didampingi Kapolsek Tigabinanga AKP Bengkel Ginting mengatakan, di Kecamatan Tigabinanga cukup parah tertutup abu vulkanik Sinabung. Seperti di Desa Perbesi guyuran abu vulkanik hingga 2 cm. Dan terpaksa harus disemprot air menggunakan mobil pemadam kebakaran (damkar).

Disebutkannya, seluruh atap rumah dan jalan raya yang berada di wilayah Kecamatan Tigabinanga yang tertutup abu vulkanik cukup tebal harus dibersihkan.

Dikatakannya, agar masyarakat tidak terkena penyakit yang berasal dari debu vulkanik yakni batuk dan mata perih, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Tigabinanga bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran melakukan penyemprotan.

"Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak terkena penyakit yang berasal dari debu vulkanik yakni batuk dan mata perih (merah)," katanya.

Sementara itu, Armen Putra petugas Sinabung di Desa Simpang Empat, Selasa (2/3/2021) mengatakan, Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara erupsi terjadi pukul 06:42 - 08:20 WIB 13 kali awan panas guguran dengan jarak luncur 2000-5000 m ke arah Tenggara - Timur. Tinggi kolom abu vulkanik lebih dari 5000 m dari puncak, angin bertiup lemah kearah Barat - Barat Daya. Material awan panas mencapai Sungai Lauborus di sektor Tenggara Timur. (*)

Penulis
: Mitcha Sebayang
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com