KPU Tanjungbalai Gelar Simulasi Putungsura dan Sirekap Tingkat TPS Sesuai Prokes


120 view
Foto SIB/ Regen Silaban
SIMULASI: KPU Tanjungbalai saat menggelar simulasi Putungsura serta penggunaan Sirekap tingkat TPS di Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai, Sabtu (21/11/2020).
Tanjungbalai (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) serta penggunaan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) di tingkat TPS (tempat pemungutan suara) dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020.

Simulasi Putungsura itu dilaksanakan di TPS 04 Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, Sabtu (21/11/2020).

Simulasi Putungsura itu melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan dan juga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang dihadiri anggota KPU Provinsi Sumut Syafrialsyah, Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan, bersama seluruh komisioner beserta jajaran KPU Tanjungbalai.

Ketua KPU Luhut P Siahaan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan simulasi ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat agar tidak takut datang ke TPS, Rabu 9 Desember 2020, karena pelaksanaan pemungutan suara nantinya mengikuti protokol kesehatan.

Dijelaskan juga bahwa, penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Putungsura di masa pandemi Covid-19 di antaranya, pemilih yang hadir memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar TPS, memakai sarung tangan plastik, penyemprotan disinfektan secara berkala, menjaga jarak dan tidak berkeruman di lingkungan TPS, baik di dalam maupun di luar TPS.

"Kegiatan simulasi Putungsura ini diselenggarakan serentak se Indonesia yang bertujuan untuk mematangkan kesiapan sumber daya manusia (SDM), mulai Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara kelurahan hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS, "ucap Luhut. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com