Pelindo 1 Lanjutkan Pengembangan dan Penataan Desa Wisata Tomok


268 view
(Foto SIB/Humas Pelindo 1)
Bantuan: Pelaksanaan kegiatan bina lingkungan Pelindo 1, pada tahun 2020, menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19.
Belawan (SIB)
Dalam rangka membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 serta turut serta mempercepat pemulihan perekonomian nasional, dengan memanfaatkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), tahun 2021, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 berencana akan mengembangkan destinasi wisata Danau Toba.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melanjutkan pengembangan dan penataan Desa Wisata Tomok Parsaoran di Pulau Samosir, di kawasan Danau Toba, yang telah dimulai pada Agustus 2016 lalu, apalagi Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hal tersebut dikatakan VP PKBL Pelindo 1, Fatimah Zuhrah melalui siaran persnya yang diterima wartawan, Rabu sore (10/3/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, Desa Wisata Parsaoran, yang berada di kawasan Danau Toba, dan memiliki keunikan serta daya wisata yang khas tersebut merupakan desa binaan Pelindo 1, sehingga perlu dilakukan penataan untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebelumnya dikatakan, pada tahun 2020, dana PKBL yang terbagi dalam Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan telah disalurkan sebesar Rp 22,65 miliar, rinciannya untuk Program Kemitraan Rp 15,16 miliar untuk stimulus usaha mikro kecil yang terdampak Covid-19 untuk bangkit kembali, sedangkan dana untuk Bina Lingkungan sebesar Rp Rp 7,49 miliar.

Menurut SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, Basuki Soleh, dana Program Kemitraan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal untuk para pelaku usaha mikro kecil pada sektor industri perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan.

Sedangkan, hingga akhir tahun 2020, Pelindo 1 memiliki 1.379 mitra binaan yang tersebar di Provinsi Aceh, Sumut, Kepri dan Riau.

Dalam pelaksanaan program Kemitraan, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana, juga melakukan pembinaan dan pelatihan untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidang usahanya, memberikan pelatihan kepada mitra binaan, khususnya tentang marketing digital untuk memperluas pangsa pasar secara online, sehingga bisa membantu mereka mengembangkan industri rumahan.

Pada bagian lain disebutkan, dana bina lingkungan disalurkan sebagai bantuan untuk korban bencana alam, bantuan pendidikan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, rumah ibadah, pelestarian alam, dan bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Penyaluran dana PKBL tersebut dilakukan pada empat wilayah kerja Pelindo 1 yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.(*)
Penulis
: Pally S
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com