Sabtu, 20 Juli 2024

Dewas KPK Putuskan Johanis Tanak Tak Bersalah di Kasus Chat

Redaksi - Jumat, 22 September 2023 10:01 WIB
210 view
Dewas KPK Putuskan Johanis Tanak Tak Bersalah di Kasus Chat
(Tiara/detikcom)
Sidang Putusan Etik Chat Johanis Tanak 
Jakarta (SIB)
Dewan Pengawas (Dewas) KPK menggelar sidang putusan dugaan pelanggaran etik kasus chat Wakil Ketua KPK Johanis Tanak siang ini. Sidang digelar terbuka.
Berdasarkan pantauan melalui saluran televisi yang disiarkan di gedung lama KPK, Kamis (21/9), Johanis Tanak hadir dan duduk di kursi persidangan. Duduk sebagai majelis etik anggota Dewas KPK Harjono, anggota Dewas KPK Albertina Ho, dan anggota Dewas KPK Syamsudin Haris. Saat ini persidangan masih bergulir.
Sebelumnya, pada Kamis (14/9), sidang putusan dugaan pelanggaran etik kasus chat Wakil Ketua KPK Johanis Tanak sempat ditunda. Tanak batal hadir karena masih dalam suasana berkabung. Sidang pembacaan putusan kepada Johanis Tanak pun akhirnya digelar hari ini Kamis (21/9).
Kasus dugaan pelanggaran etik Johanis Tanak bermula dari viralnya riwayat percakapan yang dilakukannya denganpejabat Kementerian ESDM Muhammad Idris Froyoto Sihite. Percakapan itu diduga terjadi saat ada proses penyelidikan perkara dugaan korupsi di ESDM.
Potongan percakapan via aplikasi perpesanan antara Johanis Tanak dan Muhammad Idris Froyoto Sihite, yang berisi ‘bisalah kita cari duit’, itu juga sempat viral di media sosial.
Johanis Tanak bersumpah percakapan itu terjadi sebelum adanya perintah penyelidikan. Johanis Tanak mulanya mengatakan tidak tahu Idris Sihite sudah menjadi Plh Dirjen Minerba. Yang dia tahu, menurut dia, Idris masih menjabat Karo Hukum ESDM.
Johanis Tanak kemudian dilaporkan ke Dewas KPK. Dewas pun melakukan penyelidikan. Hasilnya, Dewas KPK menemukan chat lain di luar materi yang dilaporkan terhadap Tanak.
Chat itu disebut terjadi saat penggeledahan KPK di kantor ESDM pada Maret 2023. Johanis Tanak juga disebut menolak ponselnya diperiksa. (taa/knv)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK
Dewas Ungkap Kasus Pungli Terjadi di 3 Rutan Milik KPK
Alex-Ghufron Diadukan ke Dewas soal Dugaan Pelanggaran Etik
Dewas Kembali Periksa SYL Terkait Dugaan Pelanggaran Etik Pimpinan KPK
Dewas KPK Sudah Putus Perkara Etik Firli Sebelum Keppres Terbit
SYL Mengaku Lelah Diborgol
komentar
beritaTerbaru