Draf Final RKUHP: Penghina Pemerintah yang Memicu Rusuh Dipenjara 3 Tahun


257 view
Draf Final RKUHP: Penghina Pemerintah yang Memicu Rusuh Dipenjara 3 Tahun
(Agung Pambudhy/detikcom)
Demo menolak RKUHP 

Jakarta (SIB)

Meski dibilang produk Indonesia, namun RKUHP masih mempertahankan beberapa poin rumusan warisan penjajah Belanda. Salah satunya soal tindak pidana terhadap Ketertiban Umum.

Dalam draft final RKUHP yang diserahkan Pemerintah ke DPR, rancangan itu masih mengatur ancaman penjara bagi setiap orang yang menghina pemerintah dan memicu kerusuhan.

"Setiap orang yang di muka umum melakukan penghinaan terhadap pemerintah yang sah yang berakibat terjadinya kerusuhan dalam masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV," demikian bunyi Pasal 240 yang dikutip, Kamis (7/7), dari draf final RKUHP yang diserahkan Pemerintah ke DPR.

Nah, ancaman menjadi lebih berat bila penghinaan ke pemerintah di atas disiarkan lewat ITE/sosial media sehingga menjadi kerusuhan. Yaitu hukuman diperberat menjadi 4 tahun penjara.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com