Jumat, 14 Juni 2024 WIB

Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar Ajak Jemaat dan Pelayan HKBP Tolak Politik Uang dan Politik Identitas

Redaksi - Rabu, 07 Februari 2024 13:10 WIB
2.091 view
Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar Ajak Jemaat dan Pelayan HKBP Tolak Politik Uang dan Politik Identitas
Foto Dok/HKBP
Ephorus HKBP Pdt Robinson Butarbutar 
Medan (harianSIB.com)
Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Robinson Butarbutar mengajak seluruh jemaat dan para pelayan mendoakan keberhasilan Pemilu 2024. Sebab menyukseskan Pemilu 2024 adalah bagian dari perwujudan tugas dan tanggung jawab seluruh warga HKBP yang memiliki hak pilih sebagai warga negara Indonesia.
Ajakan itu disampaikan dalam Surat Penggembalaan Ephorus HKBP tentang Pemilihan Umum Serentak, 14 Februari 2024, yang diterima harianSIB.com, Rabu (7/2/2024). Ada enam seruan pastoral yang dituangkan secara tertulis, dan diminta dibagikan kepada seluruh jemaat dan pelayan HKBP, menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.
Pertama, berdoa demi kemajuan keberhasilan Pemilu 2024 sehingga mampu membangun, mengembangkan dan meneguhkan demokrasi, keadilan, dan kesejahteraan bangsa dan negara kita. Doakan pemerintah dalam menjalankan tugasnya dengan netral, jujur, dan adil, sesuai dengan asas keadilan dan perundang-undangan yang berlaku.
Kedua, mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan kelompok dalam menghadapi tantangan bangsa yang sangat besar di tengah persaingan antar bangsa yang masih terus meneruskan pola lama, yaitu terutama mementingkan kepentingan bangsa sendiri di atas kepentingan bangsa-bangsa lainnya, semakin jauh dari nilai-nilai keadilan dan perdamaian bagi semua dan bertolak belakang dengan orientasi pelayanan HKBP tahun 2024, 'HKBP proaktif menghadirkan kebaikan Allah bagi semua' (Mat 5:45).
Ketiga, sebagaimana telah ditunjukkan sejak tahap awal persiapan hingga masa kampanye pemilu bahwa Ephorus HKBP sebagai pimpinan dengan warga beraneka aspirasi politik telah dan akan terus berusaha menunjukkan netralitas, demikianlah Tuhan memanggil semua aparatur negara tak terkecuali dari kalangan warga HKBP untuk setia terhadap sumpah jabatannya untuk selalu netral di dalam jalannya pemilu yang adil, bebas, dan rahasia, penuh kegembiraan hati sejati.
Keempat, jagalah kedamaian dan keamanan situasi pemilu agar tetap kondusif. Kelima, bagi pemilik hak suara agar berusaha mencari informasi yang benar dan akurat, bukan isapan jempol atau hoax, mengenai siapa yang dipilih, kenalilah calonmu, rekam jejaknya, partai politik pengusung mereka, apakah mereka secara individu dan partai politik menempatkan kesejahteraan rakyat Indonesia dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok sendiri. Hindari menerima, mengungkapkan dan menyebarkan berita palsu atau ujaran kebencian yang menimbulkan perpecahan di tengah umat, dan dapat menyebabkanmu berhadapan dengan hukum.
Kemudian, berpartisipasi dalam pemilu dengan pergi ke tempat-tempat pemungutan suara (jangan ada yang tidak menggunakan hak suaranya) untuk memilih secara bebas dan bertanggung jawab atas calon-calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II yang terbukti bekerja dan dipercaya untuk kesejahteraan rakyat. Tolak politik uang dan politik identitas, dan mereka yang berusaha untuk terpilih dengan cara yang tidak jujur.
Lalu, ikutlah aktif dalam pengawasan Pemilu dengan menjadi saksi independen atau netral di Tempat Pemungutan Suara di mana saudara memilih, sehingga kita ikut berpartisipasi mengurangi atau malah mencegah kemungkinan terjadinya kecurangan.
Keenam, berdoa untuk banyaknya warga HKBP yang terjun dalam kontestasi Pemilu 2024 ini, agar mereka bisa berkarya bagi bangsa dan negara, menjadi garam dan terang (Mat. 5:13-16), tetapi juga ikut mengingatkan mereka bahwa tujuan politik bukan hanya kekuasaan, tetapi kesejahteraan bersama.(*/rel)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
HKBP Grand Wisata Serahkan Qurban Kepada Ansor Banser Kabupaten Bekasi
Dosen STT HKBP dan Komisi Perempuan MUI Pematangsiantar Kutuk Keras Perilaku Asusila Terhadap Anak Kandung
Demi Keamanan dan Ketertiban Bersama, Polrestabes Medan Sampaikan 3 Hal ini ke Masyarakat
KPU Medan Tetapkan 50 Caleg Terpilih, 31 Diisi Wajah Baru
Rakernas PDIP Nilai Pemilu 2024 Paling Buruk
Berkunjung Ke Panti Hephata, Ina HKBP Sirantau Serahkan Sembako dan Pakaian
komentar
beritaTerbaru