Hujan Rekor Terjadi di Mandalika, Pol Espargaro Kembali Tercepat

* Dugaan Positif Covid-19 di Tes MotoGP Mandalika

346 view
Hujan Rekor Terjadi di Mandalika, Pol Espargaro Kembali Tercepat
Foto Twitter @polespargaro
TERCEPAT: Pebalap Pol Espargaro beraksi saat mengukir catatan waktu tercepat pada Tes MotoGP Mandalika 2022 hari terakhir, Minggu (13/2). Ini menandai berakhirnya rangkaian tiga hari tes pramusim di sirkuit yang akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022 pada 20 Maret mendatang.

Jakarta (SIB)

Pebalap Honda, Pol Espargaro mencatat waktu terbaik pada tes MotoGP Mandalika hari ketiga, Minggu (13/2). Pol Espargaro sebelumnya menjadi yang tercepat pada tes hari pertama.


Selama tiga hari tes MotoGP Mandalika berlangsung, selalu diwarnai pemecahan rekor catatan waktu terbaik.


Pada hari pertama tes MotoGP Mandalika, Jumat (11/2), Pol Espargaro menembus catatan waktu 1 menit 32,466 detik untuk satu putaran lap di Sirkuit Mandalika. Catatan waktu tersebut lebih baik dibanding rekor lap Sirkuit Mandalika yang dipegang oleh juara dunia WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu.


Penajaman rekor kemudian terjadi di hari kedua tes MotoGP Mandalika, Sabtu (12/2). Dengan kondisi trek sudah lebih bersih dibandingkan hari sebelumnya, Luca Marini mampu menanjamkan catatan waktu terbaik menjadi 1 menit 31,289 detik.


Marini berhasil unggul atas Marc Marquez yang ada di posisi kedua pada hari kedua tes MotoGP Mandalika. Di hari terakhir tes MotoGP Mandalika, Minggu (13/2), pemecahan catatan waktu terbaik kembali terjadi. Pol Espargaro membukukan waktu 1 menit 31,06 detik. Sementara Marc Marquez berada di posisi ke-14 pada sesi ini.


Catatan itu membuat Pol Espargaro menjadi pembalap terbaik di hari ketiga sekaligus memegang rekor lap tercepat di Sirkuit Mandalika sejauh ini.

Pemecahan rekor lap Sirkuit Mandalika masih terbuka lebar di saat MotoGP Indonesia berlangsung Maret mendatang.


Pasalnya kini para tim-tim MotoGP sudah punya lebih banyak data tentang karakter Sirkuit Mandalika serta performa motor milik mereka dari tiga hari tes MotoGP Mandalika yang telah mereka jalani.


Tes MotoGP Mandalika adalah tes pramusim terakhir sebelum balapan MotoGP 2022 dimulai. Balapan MotoGP 2022 akan dimulai pada MotoGP Qatar, 6 Maret mendatang. MotoGP Indonesia akan jadi seri kedua pada MotoGP 2022 dan bakal digelar di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret mendatang.


Hasil Tes MotoGP Mandalika hari ketiga, Minggu (13/2)

1. Pol Espargaro 1 menit 31,060 detik


2. Fabio Quartararo +0,014 detik


3. Aleix Espargaro +0,325 detik


4. Franco Morbidelli +0,356 detik


5. Pecco Bagnaia +0,376 detik


6. Alex Rins +0,417 detik


7. Maverick Vinales +0,418 detik


8. Johann Zarco +0,428 detik


9. Brad Binder +0,514 detik


10. Alex Marquez +0,543 detik.


Positif Covid-19

Director for Operation and Business Inovation (Indonesia Tourism Development Corporation) ITDC Arie Prasetyo memberikan respons terkait dugaan positif Covid-19 di dalam sistem bubble tes MotoGP Mandalika.


Arie menyebut pemeriksaan PCR dan antigen pada pebalap dilakukan setiap hari sebagai bagian dari pemantauan ketat di tengah situasi Covid-19.


"Dalam pemeriksaan kemarin ada yang terindikasi positif, tetapi memang secara aturannya kalau ada positif akan kita lalukan tes ulang karena mungkin saja terjadi kesalahan dalam tes tersebut sehingga hasil kemarin itu sedang dites ulang.


Kami juga masih dalam posisi menunggu. Mereka yang terindikasi itu saat ini masih berada di hotel untuk menunggu hasil tes kedua," ucap Arie dalam sesi konferensi pers di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/2).


Pada hari terakhir tes MotoGP Mandalika, dua pebalap absen yaitu Joan Mir dan Raul Fernandez. "Joan Mir mengalami sakit perut pada pagi hari ini. Dia sudah pergi ke klinik dan didiagnosa keracunan makanan. Tidak ada gejala yang menunjukkan bahwa dia jadi suspek positif Covid-19," tulis Suzuki dalam pernyataan resmi mereka.


Sementara itu Raul Fernandez sempat turun ke lintasan namun kemudian kembali ke garasi tim dan tidak melanjutkan tes MotoGP Mandalika lantaran kondisi badannya tidak 100 persen.


Sebelumnya, pebalap Jack Miller menuturkan bahwa ia mengalami masalah internal selama tes pramusim di Sepang dan Sirkuit Mandalika. Ia mengaku ada mekaniknya yang positif Covid-19. "Sungguh sangat disayangkan, satu di antara mereka ada yang harus pulang ke Sepang. Satu mekanik saya positif Covid-19 di sini," ujarnya menambahkan. "Jadi ini membuat kami berada dalam tekanan. Ada satu ketua mekanik baru, makanya semua orang mesti bersatu padu. Kami menjalani hari yang sibuk, tapi semuanya melakukan yang terbaik," katanya lagi. (CNN/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com