Kapolri Pastikan TNI-Polri Jaga Keamanan Ibadah Perayaan Paskah Berjalan Aman dan Lancar


147 view
(Foto: Karin Nur Secha/detikcom)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di GBI Fatmawati, Jaksel. 
Jakarta (SIB)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut rangkaian ibadah Paskah di seluruh wilayah Indonesia berjalan dengan aman dan lancar. Dia memastikan bahwa TNI-Polri akan melakukan pengawalan pengamanan Paskah hingga seluruh kegiatan tuntas.

"Alhamdulillah, Puji Tuhan rangkaian hari ini seluruhnya berjalan dengan aman dan lancar. Tadi kita ikuti terus semuanya, anggota kita TNI-Polri terus melaksanakan seluruh rangkaian yang dilaksanakan kita berharap sampai dengan rangkaian pengamanan pelaksanaan ibadah Paskah ini selesai seluruhnya berjalan dengan lancar," ujar Jendral Sigit di GBI Fatmawati, Jakarta Selatan, Minggu (4/4).

"Kami TNI-Polri akan selalu melaksanakan pengawalan pengamanan sampai dengan seluruh kegiatan berjalan dengan tuntas," imbuhnya.

Sigit meminta agar jemaat yang ingin melaksanakan ibadah secara langsung di gereja tidak perlu lagi khawatir. Dia berharap seluruh rangkaian perayaan Paskah berjalan dengan lancar.

"Oleh karena itu tidak perlu ada kekhawatiran dan kita harapkan seluruh rangkaian perayaan bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Gereja Bethel Indonesia (GBI) Fatmawati, Jakarta Selatan (Jaksel). Dia meninjau langsung pengamanan perayaan Paskah umat Kristiani di gereja tersebut.

Pantauan di lokasi, Minggu (4/4), sekitar pukul 16.58 WIB, Jenderal Sigit tiba di GBI Fatmawati, Jalan Fatmawati Raya, Cilandak, Jaksel. Dia disambut oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Kapolres Metro Jaksel Kombes Azis Andriansyah yang tiba lebih dulu.

Listyo memastikan pelaksanaan ibadah paskah berjalan aman. Dia juga menyampaikan pesan kepada seluruh jajarannya agar tetap melaksanakan pengamanan secara optimal.

"Saya pesankan kepada seluruh anggota untuk terus melaksanakan pengamanan secara optimal," kata Listyo Sigit, di Gereja Santa Perawan Maria, Jakarta Selatan, Sabtu (3/4).

Kondusif
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran juga mengunjungi Gereja Santo Laurensius, Jl Sutera Utama, Serpong Utara, Tangerang Selatan untuk mengecek pelaksanaan pengamanan ibadah Paskah. Dalam kunjungannya itu, Fadil memastikan kondisi Jakarta dan wilayah lainnya sangat kondusif.

"Sampai dengan hari ini, pagi ini, situasi Jakarta, wilayah hukum Polda Metro Jaya, dalam kondisi yang sangat kondusif. Semoga kesejukan, kedamaian terus memayungi kita semua di Hari Raya Paskah ini," ujar Fadil kepada wartawan saat di lokasi, Minggu (4/4).

Untuk pengamanan di Gereja Santo Laurensius sendiri Fadil mengatakan, sejak Kamsi Putih hingga perayaan Paskah kemarin berjalan dengan lancar. Selain TNI, Polri, dan pihak keamanan gereja, serta Banser ikut melakukan pengamanan di gereja tersebut.

"Bersinergi pengamanan dari TNI, Polri, bersama tentunya dari unsur pemerintah daerah dan dibantu oleh saudara-saudara kita dari Banser NU. Ada banser NU dari wilayah Serpong dan juga tentunya pengamanan yang sudah disiapkan oleh pihak gereja sendiri," lanjutnya.

Sementara itu, pihak gereja mengatakan, perayaan Paskah berjalan aman dan tertib dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut menjaga mengamankan gereja.

"Kami merasakan bahwa sungguh perayaan bisa berjalan dengan aman, dengan tertib dengan nyaman, dan ini juga berkat saudara-saudara yang hadir untuk menjaga dan menemani kami dan khususnya juga dari kepolisian dari teman teman Banser NU dan juga semua elemen masyarakat yang juga turut menjaga gereja ini," ujar Romo Danto.

Kehadiran Kapolda Metro menurutnya sebagai bentuk hadirnya pemerintah di tengah peristiwa penting umat Kristiani.

"Kehadiran Pak Kapolda sungguh membuktikan bahwa pemerintah hadir di tengah tengah peristiwa peristiwa penting di kehidupan kami sebagai umat Kristiani di Indonesia ini," lanjutnya. (detiknews/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com