Kejagung Ungkap Keberadaan Surya Darmadi di Singapura

* Terbuka Kemungkinan Dilaksanakan Sidang in Absentia

202 view
Kejagung Ungkap Keberadaan Surya Darmadi di Singapura
Foto: dok. Istimewa/Situs Apindo
Surya Darmadi.

Jakarta (SIB)

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap Surya Darmadi ada di Singapura. Kejagung saat ini tengah berkoordinasi dengan Kejaksaan Singapura untuk memulangkan tersangka kasus dugaan korupsi PT DT Palma itu yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 78 triliun.


"Upaya yang kita lakukan atase Kejaksaan RI di Singapura telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Singapura untuk pemeriksaan sekaligus memulangkan yang bersangkutan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana kepada wartawan, Rabu (3/8).


"Tinggal menunggu proses koordinasinya," imbuhnya.


Ketut menerangkan sejatinya Kejagung telah memanggil Surya Darmadi di kediamannya di Indonesia. Namun, Surya tak kunjung hadir memenuhi pemanggilan Kejagung.


"Kita sudah melakukan pemanggilan secara patut di alamat yang bersangkutan di Indonesia, tapi belum hadir," kata Ketut.


Sidang In Absentia

Untuk itu, Kejagung membuka kemungkinan skenario persidangan in absentia untuk Surya Darmadi.


Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Febrie Adriansyah mengatakan persidangan in absentia atau persidangan yang tidak dihadiri oleh terdakwa ini akan dilakukan bila Surya Darmadi tak bisa dipulangkan ke Tanah Air. Hal itu juga dilakukan mengingat penyidik memiliki batasan waktu untuk proses penyidikan.


"Kalau seandainya, nanti kita lihat kan kita ada batasan waktu juga nih untuk proses penanganan, ada SOP (standard operating procedure) kalau nanti kesulitan untuk menghadirkannya ya nanti kita absentia," kata Febrie di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dikutip, Rabu (3/8).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com